Pilgub Sulsel 2024, Samsuddin Karlos: Komjen Polisi Fadil Imran Sosok yang Pas Pimpin Sulsel

Pilgub Sulsel 2024, Samsuddin Karlos: Komjen Polisi Fadil Imran Sosok yang Pas Pimpin Sulsel

KABARINDO, MAKASSAR - Rakyat Sulawesi Selatan (Sulsel) perlu membuka diri untuk calon gubernur. Tokoh nasional yang sukses di luar seperti Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi Dr. Fadil Imran bisa diajak untuk pulang kampung menjadi orang nomor satu di Sulsel.

Perlu diketahui Komjen Fadil Imran merupakan jenderal polisi yang sukses menggawangi Polda Jawa Timur dan Polda Metro Jaya. Saat ini Komjen Fadil  Imran menjabat Kepala Bagian  Pertahanan dan Keamanan (Kabaharkam) Polisi Republik Indonesia (Polri) tidalk pernah sepi dari  prestasi.

Yang terbaru setelah menjabat Kabaharkam Polri, Komjen Fadil Imran mencetuslan Polisi Rukun Warga (RW). Sebelumnya juga ia yang pada saat menjabat  Kapolda Metro Jaya membangun Kampung Tangguh di Jakarta, sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19.. Kampung Tangguh merupakan terobosan yang dibuat Fadil Imran saat menjabat Kapolda Jawa Timur.

Program Kampung Tangguh yang diinisiasi Fadil saat menjabat Kapolda Jatim telah terbukti dapat menekan angka positif Covid-19. Status zona perlahan berubah dari merah, oranye, hingga kuning.

Mantan Kapolres Metro Jakarta Barat itu menambahkan, dalam mempercepat pembangunan Kampung Tangguh, ia akan terus mempelajari kondisi Jakarta. Ia akan mengekesampingkan ego sektoral dan mengedepankan kesehatan masyarakat.

Komjen Fadil Imran  dianggap sukses bersama pemerintah Provinsi Jatim dan DKI Jakarta menegakkan protokol kesehatan menekan angka Covid-19 di Jatim dan Jakarta.

Komjen Fadil Imran adalah seorang putra asal Kabupaten Gowa-Takalar, Sulawesi Selatan.Ia satu  kampung dengan Menteri Pertanian RI Mentan RI Syarul Yasin Limpo

Jebolan Akpol angkatan 1991 ini adalah anak kedua dari delapan bersaudara. Muhammad Fadil Imran lahir di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, 14 Agustus 1968.

Menjadi Kapolda Metro Jaya, Komjen Fadil Imran, pengganti Irjen Nana Sudjana sebagai Kapolda Metro Jaya saat itu.

Seperti diungkapkan Samsuddin Karlos, Kader PAN Sulsel yang kini menjabat ketua Fraksi PAN DPRD Provinsi Sulsel bahwa Sulsel membutuhkan pemimpin yang konsisten, kapabel dan seorang pemimpin yang hebat demi memajukan Sulsel. 

"Dan saya melihat sosok pemimpin masa depan Sulsel adalah Komjen Fadil Imran yang pas, karena beliau sudah berpengalaman memimpin di kepolisian sebagai Kapolda Jawa Timur dan Polda Metro Jaya itu sangat luar biasa.  Apalagi nanti  jika memimpin Sulsel saya punya keyakinan bisa membawa Sulsel dan masyarakatnya lebih maju,"terang Samsuddin Karlos, Selasa (29/8/2023).

Samsuddin melanjutkan, dengan pengalaman memimpin beberapa daerah,  PAN Provinsi Sulsel maupun partai lainnya, sosok Komjen Fadil Imran dapat diterima. 

"Secara historis kami (PAN) ada ikatan yang baik atau khusus, apalagi anakmya dan adiknya ada di partai PAN juga. Jadi hubungan kami sangatlah bagus dengan Komjen Fadil Imran," pungkas Samsuddin.