Presiden Jokowi: Saatnya Pembangunan dari Jawa Geser Jadi Indonesia Sentris

Presiden Jokowi: Saatnya Pembangunan dari Jawa Geser Jadi Indonesia Sentris

KABARINDO, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi sambutan dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pemenangan Pemilu Partai Amanat Nasional (PAN), secara virtual, Minggu (26/2/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi mengungkapkan pemerintahannya berhasil menggeser pembangunan, bukan lagi Jawa sentris, namun Indonesia sentris. 

Presiden mengatakan, dahulu pembangunan infrastruktur hampir 70% di Jawa. Namun, sekarang 53% sudah bergeser ke luar Jawa.

“Coba, saya tunjukan pergeserannya seperti apa perubahannya seperti apa. Dulu pembangunan itu selalu jawa sentris. Infrastruktur dibangun hampir 70% selalu di Jawa. Kemudian, kita geser menjadi Indonesia sentris,” kata Jokowi dalam sambutannya.

“Sekarang sudah bergeser 53% itu di luar Jawa, bukan di Jawa lagi,” tegas Jokowi.

Jokowi mengatakan Indonesia memiliki 17.000 pulau dengan 282 juta penduduk. Sehingga, diharapkan pembangunan merata tidak hanya di satu pulau saja yakni di Jawa.

“Kok yang dikerjain kok Jawa terus. Terus yang 16.999 pulau itu diapakan? Inilah pergeseran yang tadi saya sampaikan, itu yang pertama,” ungkap Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga mengatakan pembangunan kini mulai bergeser menjadi desa sentris. “Yang kedua, dari kota sentris bergeser ke desa sentris, apa buktinya, bawa kita sudah ke desa sentris? Sampai sekarang, dari 74.800 desa yang kita miliki, kita telah gelontorkan 470 triliun dana desa,” ucap Jokowi.

“Ini komitmen menggeser dari kota sentris menuju ke desa sentris. Sehingga jalan-jalan ke produksi desa tuh semuanya terbangun. Meskipun belum selesai,” ucap Kepala Negara.

Foto: Tangkapan Layar