Ribuan Hektar Hutan Patagonia Terbakar

Ribuan Hektar Hutan Patagonia Terbakar

KABARINDO, BUENOS AIRES – Sekitar 250 petugas pemadam kebakaran dan pegawai taman nasional berjuang memadamkan api di wilayah Patagonia, Argentina yang telah menghancurkan ribuan hektar hutan, kata pihak berwenang kepada kantor berita AFP.

Kebakaran berkobar di dataran tinggi, yang merupakan kawasan hutan berpenduduk sedikit di provinsi selatan Rio Negro, Chubut, dan Neuquen dengan beberapa titik api terpisah sejauh 300 kilometer.

Kantor walikota setempat melaporkan bahwa Aluminé, di barat Provinsi Neuquén dan di wilayah Cordillera, kebakaran menghanguskan sekitar 3.900 hektar hutan pohon pinus dan araucaria asli.

Kebakaran memaksa evakuasi para keluarga di sana menjelang Natal di Bariloche, di provinsi Río Negro, namun sejauh ini – sejak Jumat (24/12) – tidak ada korban yang dilaporkan.

Kementerian lingkungan Argentina mengatakan upaya pemadaman kebakaran diperumit oleh medan yang sulit, jarak antara api, angin, suhu tinggi, dan vegetasi kering di tengah kekeringan.

Mereka mengumumkan di Twitter bahwa "komite krisis untuk mengoordinasikan dukungan untuk provinsi-provinsi yang terkena dampak kebakaran hutan" telah dibentuk.

Kebakaran di musim panas Patagonia umum terjadi. Tahun lalu, puluhan ribu hektar hutan musnah dalam kebakaran di sana. ***(Sumber dan Foto: AFP, Buenos Aires Times)