Rokan Hulu Dilanda Banjir, Ratusan Rumah Terendam!

Rokan Hulu Dilanda Banjir, Ratusan Rumah Terendam!

KABARINDO, ROKAN HULU - Ratusan rumah di Kota Pasir Pangaraaian Ibu Kota Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Riau terendam banjir. Selain itu jalan di tengah ibu kota terendam banjir setinggi paha orang dewasa.

Ratusan rumah yang terendam banjir seperti di Dusun Lingkungan Tanjung Harapan, Kelurahan Pasir Pengaraian, Dusun Darussalam, Dusun Maratugun, Dusun Sebaya Desa Babussalam.

Selain itu, Dusun Tulang Gajah, Desa Pematang Berangan serta Dusun Luba Hilir, Desa Koto Tinggi, Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu, dengan ketinggan air bervariasi 50 hingga 90 sentimeter. Banjir tersebut terjadi gegara Sungai Batang Lubu meluap usai diguyur hujan.

Banjir disebabkan oleh tingginya curah hujan dan juga banjir kirimana dari provinsi tetangga. Atas terjadinya banjir Polres Rohul bersama TNI turun langsung ke lokasi banjir.

"Hasil pendataan dari anggota di lapangan ada 500 KK yang terkena banjir. Hingga malam ini banjir masih terjadi," kata Kapolres Rohul, AKBP Budi Setiyono kepada wartawan, Selasa (26/12/2023).

Bersama pihak TNI dan juga BPBD, pihak kepolisian menyusuri rumah rumah warga yang terdampak banjir. Ditemukan satu lansia yang rumahnya tergenang banjir dan airnya cukup deras.

"Kita tadi evakuasi satu warga yang mana disana airnya cukup deras. Kita evakasi ke rumah keluarga," tukasnya.

Selain itu akibat banjir akses jalan di tengah Kota Pasir Pangaraian menuju Kecamatan Ujung Batu tidak bisa dilalui. "Untuk lalu lintas kita alihkan ke jalan lintas,"tandasnya.

Sementara itu, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 02 Rambah Kodim 0313/KPR Kopda Kurni Suhadi menghimbau warga agar tetap waspada. Dijelaskannya bahw ketinggian bervariasi dari 40 cm hingga 90 cm. Banjir juga menggenangi sejumlah fasilitas umum.

“Saya sebagai Babinsa, menghimbau warga agar tetap waspada, jika air mengalami peningkatan. Untuk sementara korban jiwa nihil,” tutupnya.

Terlihat, petugas gabungan menyusuri banjir dalam memantau ketinggian air serta menghimbau warga agar tetap waspada.