Ronapreve Disetujui Bersyarat Sebagai Obat Covid di Malaysia

Ronapreve Disetujui Bersyarat Sebagai Obat Covid di Malaysia

KABARINDO, KUALA LUMPUR - Direktur Jenderal Kesehatan Malaysia Tan Sri Dr Noor Hisham Abdullah hari ini (14/12) mengatakan bahwa Ronapreve, obat buatan Swiss untuk pengobatan dan pencegahan COVID-19, telah mendapat persetujuan bersyarat dari Kementerian Kesehatan.

Dr Noor Hisham mengatakan Ronapreve Solution, yang dikembangkan oleh Regeneron dan  Roche (Malaysia) Sdn. Bhd. dan diproduksi oleh F.Hoffman-La Roche Ltd, Swiss mengandung bahan aktif Casirivimab dan Imdevimab dan akan digunakan untuk mengobati mereka yang menghadapi risiko tinggi infeksi Covid-19 yang parah.

Selain memberikan persetujuan bersyarat untuk penggunaan koktail antibodi dosis tunggal Ronapreve sebagai pengobatan Covid, kementerian kesehatan Malaysia juga telah menyetujui permintaan dari Merck & Co untuk lisensi impor uji klinis pil Covid-19 Molnupiravir, untuk digunakan sebagai bagian dari penelitian yang dilakukan di Malaysia.

Merck Sharp & Dohme (Malaysia) Sdn Bhd dan Patheon Pharmaceuticals Inc (AS) mendapat lisensi impor uji klinis untuk Molnupiravir dari Badan Regulasi Farmasi Nasional (NPRA).

Uji klinis fase tiga untuk Molnupiravir akan dilakukan selama sembilan bulan, dan akan melibatkan 20 orang di atas usia 18 tahun.

Baca juga:

Indonesia Kembali Terima Vaksin Covid-19 dari Fasilitas...

Korsel Luncurkan Program Pengenalan Wajah untuk Lacak Penderita...

Bukan Pengganti Vaksin

Rapat Otoritas Pengawasan Obat Malaysia (Drug Control Authority - DCA) ke-367 ​​memutuskan untuk memberikan persetujuan bersyarat penggunaan Solusi Ronapreve untuk injeksi atau infus sebagai pengobatan Covid-19.

Dr Noor Hisham menekankan bahwa Ronapreve tidak dimaksudkan untuk digunakan sebagai pengganti vaksin Covid-19. Namun demikian, obat tersebut diindikasikan  dapat mencegah Covid-19 pada orang dewasa dan remaja berusia 12 tahun ke atas dengan berat badan minimal 40 kg yang telah terpapar atau berisiko tinggi terpapar SARS-CoV-2 dan memiliki kondisi medis yang membuat mereka tidak mungkin merespons atau dilindungi oleh vaksinasi, atau tidak divaksinasi terhadap Covid-19. 

Dia mengatakan Ronapreve dapat digunakan untuk pengobatan Covid-19 pada orang dewasa dan remaja berusia 12 tahun ke atas, dengan berat minimal 40kg dan yang tidak memerlukan oksigen tambahan dan yang berisiko berkembang menjadi Covid-19 yang parah.

“Kementerian Kesehatan ingin menyatakan bahwa persetujuan bersyarat tunduk pada pemantauan berkala pada kualitas, keamanan dan kemanjuran dan evaluasi data terbaru … untuk memastikan manfaat di atas risiko untuk Ronapreve tetap positif.”

Oktober lalu, hasil uji awal Ronapreve diklaim pembuatnya berhasil menekan risiko rawat inap atau kematian karena Covid hingga 70%, sementara Molnupiravir hingga 50%.

Ronapreve merupakan pengobatan yang disuntikkan ke intravena, sementara Molnupiravir berbentuk pil. (Sumber: MalayMail & Bernama; Foto: The Star)