Sembuh dari COVID-19? Tetap Monitor Kondisi Tubuh & Perhatikan Hal Berikut

Sembuh dari COVID-19? Tetap Monitor Kondisi Tubuh & Perhatikan Hal Berikut

JAKARTA, Kabarindo.com : Seiring dengan meningkatnya angka kesembuhan COVID-19 pada gelombang kedua pandemi ini, masyarakat diminta untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, meningkatkan imunitas tubuh, dan memperhatikan kondisi kesehatannya. Pasalnya, Menurut World Health and Organization (WHO), waktu pemulihan untuk mereka yang sudah sembuh dari COVID-19 akan tergantung dengan keparahan penyakitnya dan tipikal gejala yang dialami. 

 

Chief of Medical Halodoc, dr. Irwan Heriyanto, MARS mengatakan, “Lama waktu yang diperlukan untuk proses penyembuhan COVID-19 memang akan berbeda-beda bagi setiap orang. Buat yang bergejala ringan, biasanya butuh waktu pemulihan sekitar dua minggu, sedangkan mereka yang punya gejala parah atau bahkan kritis membutuhkan waktu hingga tiga sampai enam minggu.” 

 

Paska mendapatkan hasil tes PCR negatif, tubuh tidak dengan otomatis dapat kembali normal. Seperti dilansir dari The Pharmacy Times, disebutkan 87,4% orang yang pulih dari infeksi COVID-19 masih melaporkan mengalami setidaknya satu gejala seperti kelelahan dan sesak napas. Lantas, apa saja yang harus diperhatikan walaupun telah dinyatakan negatif dari COVID-19? 

 

1. Monitor kondisi kesehatan

Ketahui gejala yang masih dialami dan berkonsultasi dengan dokter untuk memeriksa perkembangan lanjutan kesehatan. Berdasarkan beberapa penelitian, pasien yang telah sembuh dari COVID-19 memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengidap penyakit lainnya, setidaknya dalam waktu singkat. Selain gejala fisik, ternyata penyintas COVID-19 juga kerap mengalami gejala emosional. Berdasarkan laporan ilmiah yang dipublikasikan oleh US Pharm pada tahun 2021, pasien yang pernah memiliki riwayat positif COVID-19 disebutkan memiliki tendensi untuk menderita kecemasan, disregulasi emosi, dan perburukan kondisi mental yang sebelumnya sudah ada

 

  1. Terapkan protokol kesehatan dan lakukan vaksinasi

Orang yang telah sembuh dari COVID-19 akan memiliki kekebalan tubuh terhadap virus tersebut, selama sekitar 8 bulan atau lebih. Meski begitu, kasus terjadinya infeksi berulang masih dapat terjadi. Ini artinya, meski telah sembuh, protokol kesehatan tetap harus diterapkan. Penyintas COVID-19 tetap harus memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas atau aktivitas di luar rumah. Studi dari MMWR juga menyebutkan bahwa penyintas yang telah mendapatkan vaksin memiliki kemungkinan reinfeksi lebih rendah daripada mereka yang tidak.

 

  1. Tingkatkan imunitas dan konsumsi makanan bergizi 

Virus COVID-19 sejatinya dapat ditangkal atau disembuhkan dengan sendirinya asal tubuh memiliki sistem imun yang kuat. Salah satu aspek penting yang harus diperhatikan untuk menjaga kekuatan imun adalah asupan nutrisi yang cukup, khususnya protein. dr. Irwan melanjutkan, “Protein merupakan salah satu zat gizi makro yang menjadi sumber pembentukan sel imun dan antibodi dalam tubuh. Ia memastikan bahwa sistem imun dapat bekerja dengan baik. Setidaknya, penyintas COVID-19 disarankan untuk memakan tiga porsi protein sehari. Jika masyarakat tidak yakin apakah asupan protein harian yang dikonsumsi mencukupi, konsumsi suplemen makanan kaya protein dan asam amino sebagai tambahan.” 

 

Salah satu suplemen makanan kaya protein yang dapat menjadi pilihan adalah saripati ayam yang mengandung bio amino peptida. Lebih lanjut, secara klinis kandungan protein dan bio amino peptida pada saripati ayam terbukti membantu meningkatkan imunitas tubuh. “Berbagai jurnal penelitian internasional juga menyebutkan pentingnya protein dalam meningkatkan imunitas tubuh. Bahkan, salah satu penelitian yang dimuat di laman resmi FAO, badan pangan PBB menunjukkan bahwa saripati ayam juga membantu mengurangi kelelahan fisik dan mental. Selain itu, penelitian dari Cambridge menunjukkan kekurangan protein dan bio amino peptida akan menurunkan fungsi imunitas tubuh dan membuat tubuh lebih mudah terinfeksi penyakit,” jelas General Manager PT  Brands Suntory Indonesia, Agus Setio Joewono.

 

Mengingat pentingnya protein sebagai unsur zat makanan yang wajib dikonsumsi di tengah kondisi pandemi saat ini, BRAND'S® sebagai salah satu produsen dan distributor saripati ayam terdepan di Indonesia juga turut memberikan proteksi ekstra bagi tenaga kesehatan dan juga masyarakat yang sejalan menjalankan isolasi mandiri. Berkolaborasi dengan Halodoc, BRAND'S® juga menyediakan 21.000 botol BRAND'S® Saripati Ayam, dimana 10.500 diantaranya akan dibagikan kepada para tenaga kesehatan di Wisma Atlet, Jakarta Utara, yang sedang berjuang membantu pasien positif COVID-19 untuk kembali pulih. Dengan kemasan praktis dalam botol kaca satu kali minum, diharapkan mudah untuk dikonsumsi setiap saat bagi para nakes yang harus menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap dan waktu istirahat yang singkat.

 

Agus Setio Joewono menambahkan, “Selain memberikan suplemen bagi para nakes, PT Brands Suntory Indonesia juga memberikan 3.500 paket yang terdiri dari tiga botol BRAND'S® Saripati Ayam dan satu strip Paracetamol bagi pasien yang membeli paket vitamin untuk Isolasi Mandiri di Halodoc. Kami sangat mengapresiasi kolaborasi Halodoc yang juga memiliki komitmen sejalan dalam upaya mendukung percepatan penanganan COVID-19 di indonesia. Kami berharap, imunitas masyarakat bisa terus meningkat dan perlahan kita segera pulih dari pandemi COVID-19. Kegiatan ini sejalan dengan value perusahaan induk kami, Suntory, yaitu memberi kembali pada masyarakat (giving back to society) untuk mewujudkan misi besar Suntory yaitu menciptakan harmoni dengan manusia dan alam (create harmony with people and nature).”


Selain dukungan berupa suplemen penunjang kesehatan, Brands Suntory Indonesia juga mendukung penerapan protokol kesehatan selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat dengan menyediakan voucher konsultasi dokter di aplikasi Halodoc. Voucher ini dibagikan secara cuma-cuma bagi ratusan konsumen BRAND'S® Saripati Ayam yang membeli produk melalui official store perusahaan yang ada di e-commerce. Melalui kesempatan ini, konsumen dapat tetap mendapatkan jawaban masalah kesehatan dari dokter terpercaya dengan tetap meminimalisir perjalanan ke fasilitas layanan kesehatan