Sharp Kembangkan Teknologi Kecerdasan Buatan; SALLI Telah Digunakan 30.000 Pelanggan Lebih

Sharp Kembangkan Teknologi Kecerdasan Buatan; SALLI Telah Digunakan 30.000 Pelanggan Lebih

KABARINDO, SURABAYA-Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan dianggap menjadi solusi yang dapat menjawab masalah ruang dan waktu yang dihadapi masyarakat Indonesia, terutama saat diberlakukan pembatasan sosial. PT Sharp Electronics Indonesia yang tanggap terhadap kebutuhan masyarakat, telah meluncurkan layanan service center berbasis sistem AI pada 2021. Layanan yang dinamakan Sharp Artificial Intelligence Virtual Assistant (SALLI) ini berfungsi memberikan layanan informasi 24 jam kepada konsumen.

Rita Sulistyani, Customer Care Center Head PT Sharp Electronics Indonesia, menjelaskan SALLI dapat diakses dengan menghubungi Whatsapp Bisnis Sharp pada nomor 0811 – 8205 – 666. Konsumen cukup mengirimkan chat, lalu SALLI akan merespon dengan mengirimkan jawaban berupa opsi layanan seperti purna jual, informasi mengenai program penjualan terkini hingga layanan customer service.

Layaknya customer service yang dikelola oleh manusia, SALLI juga dapat memberikan informasi mendetail mengenai layanan purna jual seperti permintaan layanan service, informasi lokasi service center Sharp hingga jadwal kunjungan teknisi. Sistem dapat mencatat pendataan konsumen, produk yang digunakan dan kebutuhan purna jual konsumen.

“Hadirnya layanan ini menjadi jawaban atas kebutuhan konsumen yang sulit meluangkan waktu pada jam kerja. Respon instan dan pendataan yang akurat menjadi poin penting pada fitur ini, sehingga mengurangi kemungkinan kesalahan komunikasi,” terang Rita.

Menurut ia, efisiensi dirasakan dari sisi konsumen maupun manajemen. Mengadopsi sistem kecerdasan buatan dapat mengurangi biaya operasional, dari segi teknis maupun non-teknis. Alur kerja yang semakin ringkas dan sederhana membantu perusahaan untuk memberikan layanan prima bagi konsumen. Sejak diluncurkan, SALLI telah digunakan oleh lebih dari 30.000 pelanggan di Indonesia yang menanyakan beragam informasi seputar fitur, proses perbaikan produk dan titik layanan offline.

Sharp Indonesia juga menyediakan layanan dalam bentuk digital yang dapat diakses pada website, hotline dan aplikasi Sharp.id. Layanan servis melalui digital ini memperkuat layanan purna jual yang sudah dimiliki Sharp yaitu dengan menghadirkan pusat perbaikan secara offline yang dapat dikunjungi konsumen di 24 kantor Service Center, 47 Sharp Direct Service Station (SDSS), 328 Sharp Authorized Service Station (SASS) dan 46 Sharp Service Representative (SSR) di seluruh Indonesia.