Shin Tae-yong Bawa Timnas Indonesia Menang atas Kuwait, Patah Rekor Tidak Pernah Menang Selama 42 Tahun

Shin Tae-yong Bawa Timnas Indonesia Menang atas Kuwait, Patah Rekor Tidak Pernah Menang Selama 42 Tahun

KABARINDO, KUWAIT CITY- Akhirnya pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia Shin Tae-yong membawa timnas Indonesia mematahkan rekor 42 tahun tak pernah menang atas Kuwait.

Rekor buruk itu terpatahkan setelah Timnas Indonesia menang 2-1 atas Kuwait di matchday pertama Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 yang berlangsung di Kuwait pada Kamis, (9/6/2022) dini hari WIB.

Dalam laga yang berlangsung di Jaber Al-Ahmad International Stadium, Kuwait City, Timnas Indonesia ketinggalan lebih dulu. Adapun pencetak gol Kuwait adalah Yousef Nasser yang menceploskan si kulit bulat  lewat sundulan kepalanya (40’).

Kemudian, Timnas Indonesia membalas lewat eksekusi penalti Marc Klok (44’) dan sepakan kaki kiri Rachmat Irianto (47’). Kemenangan ini cukup membanggakan karena Timnas Indonesia tidak pernah menang atas Kuwait dalam waktu 42 tahun.

Terakhir kali Timnas Indonesia menang atas Kuwait pada 1980. Kala itu bermain di ajang Turnamen Kemerdekaan yang berlangsung di Malaysia, Timnas Indonesia menang 2-1 atas Kuwait.

Setelah itu, skuad Merah Putih tidak pernah menang lagi melawan Al-Azraq -julukan Timnas Kuwait. Sebut saja kalah 0-5 di Asian Games 1986 di Gwangju, Korea Selatan, berlanjut imbang di fase grup Piala Asia 1996 dengan skor 2-2 dan 2000 (0-0).

Selanjutnya, Timnas Indonesia kalah 1-2 dari Kuwait di Kualifikasi Piala Asia 2011 yang berlangsung pada 2009, dan bermain 1-1 empat hari berselang. Satu hal yang pasti, kemenangan ini terasa istmewa karena didapatkan di kandang lawan. Foto : AFC