Stafsus Menkumham Berharap Mahasiswa Berani Berwirausaha

Stafsus Menkumham Berharap Mahasiswa Berani Berwirausaha

KABARINDO, JAKARTA - Staf Khusus Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia ((Menkumham) Bane Raja Manalu mendorong para mahasiswa di agar berani memulai berwirausaha.) Bane Raja Manalu mendorong para mahasiswa di agar berani memulai berwirausaha.

"Mulai lah berusaha, berani jadi wirausaha muda yang kreatif dan cermat membaca serta memanfaatkan peluang," kata Bane, Minggu (12/12/2021).

Namun, usaha tersebut diusahakan harus memiliki legalitas supaya bisa mudah untuk terus berkembang.

Adapun pemerintah terus memberikan kebijakan yang memudahkan untu berwirausaha. Terutama bagi para pelaku UMKM mendirikan perseroan perorangan.

Baca Juga: Pelatih Bhayangkara Puji Penampilan Evan Dimas di Timnas Indonesia

Tercatat  saat ini jumlah perseroan perorangan terus bertambah karena kemudahan tersebut. Per 6 Desember 2021 perseroan perorangan telah mencapai 6.108. 

Beberapa contoh kemudahan yang diberikan pemerintah adalah meniadakan syarat minimal modal, bisa didirikan oleh satu orang, dan dibebaskan dari pajak untuk UMKM berpenghasilan di bawah Rp500 juta.

Perkembangan teknologi saat ini juga menjadi salah satu faktor yang membuat peluang usaha makin besar.

Para pengusaha saat ini dimudahkan untuk promosi karena bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun.

"Inilah era internet of everything. Pandemi tidak mematikan bisnis digital, pandemi justru membuat bisnis digital tumbuh," kata dia.

Sementara itu, Rektor Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar Prof Sanggam Siahaan menyambut baik materi yang disampaikan Bane kepada para mahasiswa.

Menurut Prof Sanggam, wawasan mengenai bisnis digital dan hukum bisa diaplikasikan oleh para mahasiswa di masa depan.

"Materi yang sangat baik dan saya harap bisa dilakukan oleh para mahasiswa, dapat memantik kreativitas dalam berusaha dengan memanfaatkan teknologi digital," kata Prof. Sanggam.

Sumber Berita: Antara

Foto: Antara