Survey Terbaru Capres Potensial 2024, Trust Indonesia: Prabowo dan Ganjar Berpasangan akan Unggul

Survey Terbaru Capres Potensial 2024, Trust Indonesia:  Prabowo dan Ganjar Berpasangan akan Unggul

KABARINDO, JAKARTA - Menjelang setahun pemilihan umum calon presiden (Pilpres) 2024, sudah mulai  ramai mengotak atik pasangan Capres dan Cawapres.

Dan kira-kira,  siapa pasangan paling kuat di Pilpres 2024? Lembaga survei Trust Indonesia menemukannya dalam jajak pendapat terbarunya yang diumumkan Kamis, 23 Februari 2023. Survei dilakukan secara tatap muka langsung dalam rentang 10 hari.

Mulai 28 Januari hingga 6 Februari 2023. Populasi survei ini adalah warga negara Indonesia yang berdomisili di 38 provinsi. Termasuk empat provinsi baru di Papua. Survei ini melibatkan 2.200 responden yang diambil secara proporsional berimbang berdasarkan tingkat kepadatan pemilih dan berbasis tempat pemungutan suara by name dan by address.

Pengambilan sampel menggunakan metode multistage sampling dengan margin of error atau toleransi kesalahan kurang lebih 2,09 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Dalam simulai tiga pasangan, Trust Indonesia memaketkan Prabowo Subianto dengan Ganjar Pranowo, Anies Baswedan dengan Agus Harimurti Yudhoyono, dan Puan Maharani-Sandiaga Salahuddin Uno.

Hasilnya menunjukkan paket Prabowo-Ganjar unggul telak dengan 37,4 persen. Jika kedua figur ini berpasangan, Pilpres 2024 diprediksi selesai alias tak terkalahkan.

Duet ini sangat potensial. Selain elektabilitasnya bersaing di posisi dua besar, keduanya juga sama-sama punya afiliasi dengan pemerintahan saat ini dalam hal ini Presiden Jokowi.

Pasangan Anies Baswedan-AHY hanya mendapatkan dukungan 28,8 persen. Sementara Puan-Sandi hanya mendapatkan 4,3 persen. Direktur Riset Trust Indonesia, Ahmad Fadhli mengatakan, elektabilitas Puan-Sandi itu belum menggambarkan suara mereka jika maju pada Pilpres 2024.

Alasannya, hingga saat ini Puan Maharani belum dideklarasikan secara resmi oleh PDIP. Berbeda dengan dua nama lainnya, Prabowo Subianto (Partai Gerindra) dan Anies Baswedan (Partai Nasdem). Foto Tangkapan Layar