Tim Renang Singapura Tantang Indonesia Di Jakarta

Tim Renang Singapura Tantang Indonesia Di Jakarta

KABARINDO, JAKARTA - Tim Nasional Renang Singapura yang dikenal sebagai Raja Renang di kawasan Asia Tenggara, secara khusus menantang Indonesia dalam Southeast Asia Swimming Dual Meet Series yang akan berlangsung di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno Jakarta, 28-29 Januari 2023. 

Pada SEA Games 2022 di Vietnam, Timnas Renang Singapura mengoleksi 21 medali emas atau setengahnya lebih dari total 40 medali. Sedangkan pada SEA Games 2019, Singapura menyabet 23 medali emas dari total 38 medali yang diperebutkan. 

Dual Meet Series Tim Nasional Renang Indonesia vs Singapura ini akan berlangsung di kolam 25 meter Gelora Bung Karno. 

Singapura sendiri akan membawa tim inti yang akan diterjunkan ke SEA Games 2023 di Kamboja, Mei mendatang. Begitu juga Indonesia, menurunkan kekuatan utama jelang SEA Games 2023, Mei mendatang. Selain Timnas Renang, Tim Indonesia kali ini juga akan diperkuat perenang-perenang nasional lainnya. 

Dual Meet Series ini digagas Wisnu Wardhana dan Gary Tan. Keduanya merupakan perenang top yang menjadi rival sejak SEA Games 1997. 

Dan sekarang, 25 tahun kemudian, Gary Tan dari Singapura dan Wisnu Wardhana dari Indonesia bersiap untuk bertarung lagi.

Kedua mantan perenang nasional tersebut kini menjadi pilar penting untuk kemajuan renang di negaranya masing-masing. 

Gary Tan yang menjadi Pelatih Timnas Singapura akan membawa perenang terbaiknya seperti peraih medali perak Commonwealth Games, Teong Zhen Wei dan langganan medali emas SEA Games Quah Ting Wen. 

Tuan rumah Indonesia juga akan merunkan Timnas Renang yang saat ini dilatih Michael Pipper. Kemudian juga ada para perenang nasional seperti Gagarin Nathaniel Yus, Patrisia Yosita juga Farrel Armandio Tangkas. 

Wisnu, Manajer tim nasional Indonesia mengatakan, "Saya dan Gary selelu berkomunikasi dan berusaha membangun masa depan renang di negara masing-masing juga kawasan Asia Tenggara. Dan dual meet series ini bisa membangun semangat kompetitif antar perenang.

“Kami berharap menjadikan ini acara tahunan dan membangun euforia bagi renang Indonesia dan Singapura. Dua negara Singapura dan Indonesia selalu menikmati persaingan yang sehat dan kompetitif, bahkan di era Wisnu dan saya. “Kami ingin membangun sejarah bersama yang kaya ini untuk generasi mendatang," ujar Pelatih Singapura, Gary Tan. 

Menurut jadwal, hari pertama, Sabtu 28 Januari 2023 dual meet seris akan dimulai pukul 08.30 WIB. 

Event ini juga disupport JAQ Foundation, fokus pada olahraga dan pendidikan masa depan atlet. Kemudian ada PB PRSI, Mandiri Tunas Finance, Blue Air AB Swim dan TVRI akan menyiarkan secara langsung. 

Tim Singapura : 
Putra : Quah Zheng Wen, Ardi Azman, Zachary Ian Tan, Mikkel Leo, Glen Lim, Nicholas Mahabir, Jonathan Tan, Teong Tzen Wei, 

Putri : Quah Ting Wen, Marina Chan, Melanie Chong, Amanda Lim, Ashley Lim, Chang Nou Nou, Carol Rachmadi, Chan Zi Yi

Tim Indonesia : 
Putra : 
Gagarin Nathaniel Yus, I Made Pande Made Iron, 
Nicholas Karel Subagyo, Dimas Suidarmanto,
Farrel Armandio Tangkas, Alvino Dika Wijaya 
Romeo Lingga Al Farizi, Malikil Allim, 
Ibrahim Faqih, Hassan Pronosumarto, Dwiky Rahardjo 

Putri :  
Ni Putu Pande Lisa Primasari, Serena Karmelita Muslim, Patrisia Yosita Hapsari, Adelia, 
Phillomena Balinda, Lily Kartina Beales,
Kezea Octavia Damayanti, Michele Surjadi Fang 
Adinda Kusumah Ningrum, Elysha Pribadi, Gusti Ayu Made Nadya Saraswati, Nurita Monica Sari