Tingkatkan Kapasitas Infrastruktur Jaringan, Indosat Siap Dukung Perayaan HUT ke-79 Republik Indonesia di IKN

Tingkatkan Kapasitas Infrastruktur Jaringan, Indosat Siap Dukung Perayaan HUT ke-79 Republik Indonesia di IKN

Tingkatkan Kapasitas Infrastruktur Jaringan, Indosat Siap Dukung Perayaan HUT ke-79 Republik Indonesia di IKN

Surabaya, Kabarindo– Jelang peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN), Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) memperkuat infrastruktur jaringan serta ketersediaan produk dan layanan baik di wilayah IKN maupun kota penyangga seperti Balikpapan dan Samarinda.

Desmond Cheung, Director and Chief Technology Officer of Indosat Ooredoo Hutchison mengatakan, Indosat siap mendukung kesiapan konektivitas di IKN melalui penguatan infrastruktur jaringan sejak kuartal I/2024.

“Kami berupaya menjaga kelancaran konektivitas yang kuat dan merata sepanjang perjalanan dari kota penyangga hingga wilayah IKN. Upaya ini merupakan bentuk konsistensi terhadap komitmen dan tujuan besar Indosat dalam memberdayakan Indonesia,” ujarnya pada Jumat (2/7/2024).

Indosat telah menyediakan jaringan 4G dan 5G di wilayah IKN. Hingga Juli 2024, Indosat telah meningkatkan kapasitas trafik data 4G hingga 84%. Sedangkan kapasitas pengguna 4G meningkat sebesar 44%. Peningkatan kapasitas ini didukung oleh penguatan perangkat lunak (software) mutakhir dengan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI). Pengimplementasian teknologi AI ini memungkinkan Indosat mengantisipasi lonjakan trafik data dengan melakukan optimasi kapasitas antar BTS. Pada infrastruktur jaringannya, Indosat telah menerapkan teknologi akses radio mutakhir yang dapat menghasilkan efisiensi penggunaan energi secara signifikan dengan kinerja yang dapat diandalkan.

Dalam rangka persiapan peringatan HUT ke-79 RI, Indosat juga menambah sejumlah Mobile Base Transceiver Station (MBTS) serta backbone fiber optic di wilayah IKN. Indosat memiliki lebih dari 15 ribu BTS yang mencakup 89% populasi di Kalimantan Timur, termasuk 100% populasi di Kota Samarinda. Indosat terus menargetkan perluasan layanan bagi pelanggan perorangan maupun enterprise di Kalimantan.

Selain memastikan kesiapan jaringan, Indosat juga melayani kebutuhan basis pelanggan IM3 dan Tri di Kalimantan Timur dengan menyediakan pelayanan pelanggan seperti dua gerai IM3, 107 mini gerai IM3, 47.401 outlet IM3, dua 3Store, 115 3KiosK dan 31.508 outlet Tri, termasuk di kawasan IKN. Tujuannya untuk memudahkan pelanggan dalam mengakses layanan Indosat di berbagai lokasi.

Sebagai bagian dari pemberdayaan masyarakat Indonesia khususnya di wilayah Kalimantan Timur, Indosat telah berperan aktif dalam menggelar berbagai program CSR. Melalui beberapa inisiatif seperti SheHacks Innovate 2024 yang diikuti para pelaku UMKM lokal, Indosat berupaya memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar IKN, termasuk program pelatihan digital dan pengembangan kapasitas masyarakat setempat.

Dukungan tersebut diharapkan dapat memaksimalkan potensi seluruh masyarakat Indonesia, khususnya di wilayah IKN untuk meraih manfaat dari kemajuan teknologi dan digitalisasi di tanah air.

Foto: istimewa