UEFA Nations League 2022 : Timnas Jerman Hajar Timnas Italia 5-2

UEFA Nations League 2022 : Timnas Jerman Hajar Timnas Italia 5-2

KABARINDO, MONCHENGLADBACH - Tim Nasional (Timnas) Jerman berhasil mempermalukan sang juara Piala Eropa 2020, yakni Timnas Italia dengan skor 5-2 di laga lanjutan Grup A3 UEFA Nations League 2022-2023 pada Rabu (15/6/2022) dini hari WIB.

Bermain di Borrusia Park, Jerman bermain luar biasa sehingga dapat membuat Italia tak berdaya.

Dengan kemenangan itu, tim berjuluk Der Panzer kini berada di urutan kedua pada klasemen sementara Grup A3 UEFA Nations League 2022-2023. Sementara Italia menempati posisi ketiga.

Mengawali babak pertama, Jerman langsung memainkan permainan menyerang dengan pola yang teratur. Hoffman sebagai pengatur serangan selalu bisa menemukan Timo Werner di depan gawang.

Para pemain Italia sampai harus turun hingga setengah lapangan. Mereka tak henti-hentinya ditekan oleh para pemain Jerman yang semakin cepat.

Italia memiliki serangan berbahay pertama melalui Calabria dan Raspadori. Namun tendangan beruntun itu mampu secara heroik diselamatkan Manuel Neuer.

Jerman memecahkan kebuntuandi menit ke-10. Adalah Joshua Kimmich yang memanfaatkan umpan silang dari David Raum. Skor oun 1-0 untuk Jerman.

Kebobolan satu gol membuat Itali tampak frustasi. Mereka tidak bisa mendapatkan bola untuk membangun permainan.

Sebaliknya bagi Jerman, mereka nyaman memainkan bola baik dari lapangan tengah ataupun mengandalkan permainan sayap. Dari sana juga mereka bisa menciptakan peluang berbahaya.

Pada menit ke-32 peluang itu kembali tercipta. Kali ini melalui sundulan dari Lukas Klostermann yang menuju sudut bawah gawang lawan. Tapi ujung jari Donnarruma menyelamatkan bola itu.

Ketika laga ingin berakhir, Jerman mendapat hadiah penalti karena Bastoni dijatuhkan di kotak terlarang. Ilkay Gundogan sebagai eksekutor suksesmenjalankan tugasnya. Skor 2-0menutup babak pertama.

Italia mencoba melakukan seranganpertama secara agresif. Namun para bek Jerman termasuk kiper Manuel Neuer sudah fokus menghalau serangan itu.

Sebaliknya, justru Jerman berhasil memperlebar keunggulan mereka di menit ke-51. Kesalahan komunikasi antara Mancini dan Donnarumma membuat bola yang lepas disambar langsung oleh Thomas Muller. Skor 3-0 untuk Jerman.

Harapan menang bagi Italia tampak semakin sirna. Mereka hanya bisa menerima serangan-serangan tajam dari Jerman hinggamemasuki menit akhir.

Benar saja, mereka harus kemasukkan untuk keempat kalinya di menit ke-68. Kali ini melalui Timo Werner yang memanfaatkan umpan silang dari Serge Gnabry. Skor menjadi 4-0.

Satu menit kemudian, Werner benar-benar melengkapi mimpi buruk bagi Italia. Dia mencetak gol keduanya setelah lagi-lagi bekerjasama dengan Serge Gnabry. Skor kini 5-0 untuk Der Panser.

Memasuki 10 menit terakhir, Jerman mengendurkan serangan. Hasilnya mereka gagal cleansheer setelah Wilfried Gnonto mencetak gol hiburan bagi Italia di menit ke-78. Skor menjadi 5-1.

Italia kembali mencetak gol hiburan saat memasuki masa injury time. Kali ini tandukan dari Alessandro Bastoni memanfaatkan krossing dari Dimarco membuat Italia menipiskan keadaan menjadi 2-5. Foto : Reuters