WHO: Jumlah Kasus Covid Naik, Jumlah Kematian Turun

WHO: Jumlah Kasus Covid Naik, Jumlah Kematian Turun

KABARINDO, BERLIN – Jumlah kasus COVID-19 yang tercatat di seluruh dunia meningkat 11% pekan lalu dibandingkan dengan pekan sebelumnya menurut laporan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Selasa (28/12) malam.

Dalam laporan epidemiologi mingguannya itu, WHO mencatat bahwa ada hampir 4,99 juta kasus baru di seluruh  dari 20-26 Desember.

Peningkatan terbesar terjadi di Amerika, yang jumlah kasus barunya naik hingga hampir 1,48 juta. Dengan 144,4 kasus baru per 100.000 penduduk, wilayah tersebut memiliki tingkat infeksi tertinggi kedua.

Jumlah kasus di Eropa hanya meningkat 3% dari minggu sebelumnya, namun menyumbang lebih dari setengah total keseluruhan, dengan 2,84 juta kasus. Kawasan ini memiliki tingkat infeksi tertinggi di wilayah mana pun, dengan 304,6 kasus baru per 100.000 penduduk.

Sementara itu kasus baru yang dilaporkan di Afrika naik 7% menjadi hampir 275.000, dengan penurunan insiden kasus telah terlihat di Afrika Selatan.

(Jumlah kasus Covid per 100.000 orang)

Badan tersebut mengatakan bahwa "risiko keseluruhan terkait dengan varian baru ... omicron tetap sangat tinggi." WHO mengutip "bukti yang konsisten" bahwa varian baru COVID-19 ini memiliki keunggulan pertumbuhan atas varian delta, yang tetap dominan di beberapa bagian dunia.

(Jumlah kasus kematian akibat Covid per 100.000 orang)

Data awal dari Inggris dan Denmark menunjukkan adanya penurunan risiko rawat inap dengan omicron, tetapi dinyatakan bahwa lebih banyak data diperlukan “untuk memahami penanda klinis keparahan termasuk penggunaan oksigen, ventilasi mekanis dan kematian, dan bagaimana keparahan dapat dipengaruhi oleh vaksinasi dan/atau sebelumnya … infeksi.”

WHO mengatakan bahwa jumlah kematian yang baru dilaporkan di seluruh dunia pekan lalu turun 4% menjadi 44.680.

Kabar itu muncul ketika beberapa negara Eropa, termasuk Prancis, Inggris, Italia, Yunani, dan Portugal semuanya mencapai rekor infeksi harian. Prancis melaporkan hampir 180.000 kasus dalam periode 24 jam pada hari Selasa. ***(Sumber: AP, Aljazeera; Foto: DNA India; Infografik: WHO)