AMD Hadirkan AI Engine Canggih dan Tingkatkan Pengalaman Otomotif di CES 2024

AMD Hadirkan AI Engine Canggih dan Tingkatkan Pengalaman Otomotif di CES 2024

AMD Hadirkan AI Engine Canggih dan Tingkatkan Pengalaman Otomotif di CES 2024

Surabaya, Kabarindo- AMD mengumumkan akan memamerkan inovasi otomotif di Consumer Electronics Show (CES) 2024 di Santa Clara, California, AS, dan memperluas portofolionya dengan memperkenalkan dua perangkat baru, SoC adaptif Versal AI Edge XA dan prosesor Ryzen Embedded V2000A Series.

Perangkat ini menandai kepemimpinan teknologi otomotif AMD dan dirancang untuk melayani segmen fokus utama otomotif termasuk infotainment, keselamatan pengemudi tingkat lanjut dan mengemudi otonom. Bekerja sama dengan ekosistem mitra otomotif yang berkembang, AMD akan mendemonstrasikan di CES 2024 berbagai kemampuan dan aplikasi untuk perangkat baru dengan penggunaan solusi otomotif saat ini dan di masa depan.

SoC adaptif Versal AI Edge XA menambahkan AI Engine canggih, yang memungkinkan perangkat dioptimalkan lebih lanjut untuk berbagai sistem dan aplikasi otomotif canggih generasi mendatang termasuk kamera depan, pemantauan dalam kabin, LiDAR, radar 4D, tampilan sekeliling, parkir otomatis dan mengemudi otonom. SoC adaptif Versal AI Edge XA juga merupakan perangkat AMD 7nm pertama yang memenuhi syarat otomatis, menghadirkan IP yang diperkeras dan keamanan tambahan pada aplikasi otomotif yang mengutamakan keselamatan.

Prosesor Ryzen Embedded V2000A Series memberi tenaga pada kokpit digital otomotif generasi berikutnya, mulai dari konsol infotainment hingga cluster digital dan tampilan penumpang. Perluasan AMD Ryzen Embedded V2000A Series menghadirkan keluarga prosesor berkualifikasi otomatis x86 pertama yang menawarkan pengalaman seperti PC, yang diharapkan konsumen dari hiburan rumah yang kini dapat mereka nikmati di dalam kendaraan saat bepergian.

Salil Raje, Senior Vice President and General Manager, Adaptive and Embedded Computing Group, AMD, mengatakan portofolio otomotif AMD yang berkembang dan sangat terdiversifikasi, menghadirkan peluang signifikan untuk melayani pasar dengan pertumbuhan tinggi sekaligus menggarisbawahi sinergi luar biasa dari tim otomotif gabungan AMD sejak akuisisi Xilinx hampir dua tahun lalu.

“Saat menantikan Consumer Electronics Show pada 2024, kami bersemangat untuk menunjukkan pencapaian kami melalui kerja sama dengan mitra ekosistem yang akan memajukan masa depan industri otomotif,” ujarnya pada Sabtu (6/1/2024).

Tingkatkan AI Engine dengan Versal AI Edge XA

SoC adaptif Versal AI Edge XA dilengkapi dengan AI Engine yang menawarkan banyak manfaat untuk komputasi AI, penglihatan dan pemrosesan sinyal. SoC adaptif Versal AI Edge XA dapat melakukan inferensi AI pada penyerapan data dalam jumlah besar, serta dapat digunakan pada sensor tepi, seperti LiDAR, radar dan kamera, atau pada pengontrol domain terpusat. AI Engine mampu menangani berbagai jenis model AI seperti klasifikasi dan pelacakan fitur. Portofolio perangkat ini berkisar dari 20k LUT hingga 521k LUT, dan dari 5 TOP hingga 171 TOP. Dapat diperluas ke seluruh portofolio produk ini, desainer dapat dengan mudah memindahkan desain mereka dengan alat, ekosistem dan sertifikasi keselamatan yang sama.

SoC adaptif Versal AI Edge XA dapat mempercepat aplikasi komputasi AI berperforma tinggi, sekaligus menyediakan fitur keselamatan dan keamanan serta memajukan desain otomotif. Perangkat pertama akan dirilis pada awal 2024 dengan rilis selanjutnya direncanakan pada akhir tahun.

James Hodgson, Research Director, ABI Research, mengatakan pada masa depan, para pembuat mobil akan memanfaatkan aplikasi kendaraan otonom untuk membentuk identitas merek mereka. Karena aplikasi-aplikasi ini sangat bergantung pada kecerdasan buatan, para pembuat mobil memerlukan platform komputasi yang menghadirkan komputasi AI yang kuat dan efisien.

"Jumlag pengiriman kendaraan setiap tahunnya akan tumbuh pada CAGR sebesar 41% pada 2024 - 2030, menandakan peluang pertumbuhan yang sehat bagi pemasok SoC heterogen dengan komputasi AI yang kuat dan efisien, termasuk AMD Versal AI Edge XA,” ujarnya.

Tingkatkan pengalaman berkendara dengan AMD Ryzen Embedded V2000A

Seiring dengan semakin cepatnya laju inovasi di industri otomotif, kebutuhan akan teknologi komputasi, akselerasi komputasi dan grafis berkinerja tinggi semakin meningkat. AMD adalah pemimpin dalam titik perubahan ini, dengan beragam CPU, GPU, FPGA dan SoC Adaptif berkinerja tinggi. Mulai dari memberi daya pada sistem infotainment di dalam kendaraan hingga sistem bantuan pengemudi yang canggih, mengemudi secara otonom dan aplikasi jaringan yang mengutamakan keselamatan fungsional, AMD menyediakan toko serba ada bagi produsen mobil untuk solusi silikon dan perangkat lunak.

Kemajuan dalam bidang elektronik konsumen telah meningkatkan ekspektasi terhadap pengalaman di dalam kendaraan atau disebut in-vehicle experiences (IVX). Hiburan, konektivitas, bekerja di dalam kendaraan dan keselamatan menjadi faktor penting yang mempengaruhi keputusan konsumen. Hal ini mendorong AMD meluncurkan prosesor baru AMD Ryzen Embedded V2000A Series. Perangkat otomatis ini memungkinkan produsen mobil menghadirkan kinerja yang mengesankan dan multitasking untuk sistem infotainment dan IVX sehingga penumpang dapat tetap terhubung saat bepergian.

Dibangun dengan teknologi proses 7nm yang inovatif, core ‘Zen 2’ dan grafis AMD Radeon Vega 7 berperforma tinggi, prosesor AMD Ryzen Embedded V2000A Series memberikan performa kelas baru. Ini menghadirkan grafis definisi tinggi dengan fitur keamanan yang ditingkatkan dan pemberdayaan perangkat lunak otomotif melalui hypervisor, selain dukungan untuk Automotive Grade Linux dan Android Automotive.

Peter Cirino, Chief Operating Officer, ECARX, mengatakan sejak memperkenalkan kokpit digital ECARX Makalu yang menggunakan prosesor AMD Ryzen Embedded, mereka telah terbukti menjadi kunci untuk mendukung solusi otomotif ECARX yang memerlukan daya komputasi tingkat lanjut dengan kemampuan rendering grafis visual.

“Dengan prosesor Ryzen Embedded V2000A Series, ECARX berharap dapat memperluas kemampuan solusi kokpit digital generasi berikutnya untuk kendaraan yang ditentukan software pada 2024 dan seterusnya,” ujarnya.

AMD akan memamerkan beragam solusi otomotifnya bersama mitra ekosistem. Demonstrasinya meliputi In-Vehicle Experiences, Deteksi Objek Multi-sensor Real-time yang Dioptimalkan AI, Parkir Otomatis, Ekspansi Layar, LiDAR, Tampilan Sekitar 3D, Pemantauan Pengemudi dan banyak lagi. Mitra ekosistem otomotif yang berpartisipasi meliputi BlackBerry, Cognata, ECARX, Hesai, Luxoft, QNX, QT, Robosense, SEYOND, Tanway, Visteon dan XYLON.