AMD Punya Prosesor EPYC 8004, untuk Layanan Cloud, Intelligent Edge & Telco

AMD Punya Prosesor EPYC 8004, untuk Layanan Cloud, Intelligent Edge & Telco

AMD Punya Prosesor EPYC 8004, untuk Layanan Cloud, Intelligent Edge & Telco

Surabaya, Kabarindo- AMD mengumumkan ketersediaan prosesor EPYC 8004 Series baru, melengkapi jajaran prosesor EPYC Generasi Keempat yang dioptimalkan untuk beban kerja.

Prosesor baru ini menghadirkan core “Zen 4c” ke dalam CPU yang dirancang khusus, memungkinkan penyedia hardware untuk menciptakan platform yang hemat energi dan terdiferensiasi, yang dapat mendukung aplikasi dari sisi kecerdasan, seperti ritel, manufaktur, dan telco, hingga ke data center untuk layanan cloud, penyimpanan dan lainnya.

Dan McNamara, Senior Vice President and General Manager, Server Business AMD, mengatakan prosesor EPYC 8004 Series yang baru memperluas kepemimpinan AMD dalam platform soket tunggal dengan menawarkan efisiensi energi CPU yang sangat baik dalam paket yang disesuaikan, untuk memenuhi kebutuhan infrastruktur dengan ruang dan daya terbatas.

“AMD telah menghadirkan beberapa generasi prosesor data center yang memberikan efisiensi, kinerja dan fitur inovatif yang luar biasa. Kini dengan lengkapnya portofolio CPU EPYC Generasi Keempat, kepemimpinan tersebut berlanjut di berbagai beban kerja, mulai dari perusahaan dan cloud, hingga intelligent edge, komputasi teknis dan banyak lagi,” ujarnya pada Selasa (19/9/2023).

Prosesor EPYC 8004 Series memperluas keunggulan kinerja dan efisiensi keluarga EPYC Generasi Keempat ke pasar yang mencari kinerja bertenaga, serta memiliki persyaratan signifikan untuk efisiensi energi, kepadatan platform dan pengoperasian yang senyap. Dengan prosesor EPYC 8004 Series, pelanggan dan mitra memperoleh:

Efisiensi energi luar biasa untuk intelligent edge

Memanfaatkan core “Zen 4c” yang efisien dan soket SP6 baru yang menghadirkan fitur memori dan I/O yang efisien, prosesor EPYC 8004 series memberikan keunggulan kinerja SPEC power per watt sistem hingga 2x lebih baik dibandingkan dengan model jaringan teratas dari kompetitor.

Kinerja seimbang

Dalam industri yang menuntut kemampuan performa per watt terbaik untuk lingkungan terbatas dengan ruang dan infrastruktur, prosesor EPYC 8004 series menghadirkan performa seimbang dan efisiensi energi luar biasa yang dibutuhkan di edge. Dalam beban kerja video encoding, EPYC 8534P memberikan kinerja hingga 2,4x agregat frame/jam/watt sistem dibandingkan produk kompetitor yang sebanding. Dalam beban kerja gateway IoT Edge, server bertenaga delapan core EPYC 8024P dapat memberikan ~1,8x total kinerja throughput per rak 8kW, dibandingkan dengan prosesor delapan core milik kompetitor.

Mengoptimalkan penghematan untuk penerapan intelligent edge

Penerapan intelligent edge berfokus pada node server yang lebih kecil, dibandingkan rak penuh seperti yang diharapkan dalam data center. Dalam penerapan intelligent edge pada satu, tiga atau 10 server, efisiensi energi server berbasis prosesor EPYC 8004 series, dibandingkan dengan kompetitor, berpotensi menghemat biaya energi ribuan dolar bagi pelanggan selama periode lima tahun, dengan core yang lebih baik. kepadatan dan throughput yang lebih banyak.

Ekosistem yang kuat dan inovatif

Banyak OEM dan mitra meluncurkan sejumlah sistem dan solusi unik yang memanfaatkan sepenuhnya kemampuan prosesor EPYC 8004 Series untuk bekerja dalam rentang operasi yang luas untuk kebutuhan daya dan suhu, mendukung penerapan di data center yang padat, gedung telco kota hingga lingkungan fisik yang ekstrem seperti lantai pabrik.

Dell Technologies merilis server Dell PowerEdge C6615. Form factor bentuk sistem yang efisien ini mengoptimalkan performa tinggi dengan TCO rendah untuk memperluas skala beban kerja, seperti kontainer dan layanan mikro.

“Dell PowerEdge C6615 dengan CPU AMD EPYC Gen4 dibuat khusus untuk memberikan kinerja per watt, per dolar terbaik kami dalam faktor bentuk yang kepadatannya dioptimalkan,” kata Travis Vigil, Senior Vice President, Product Management, Infrastructure Solutions Group, Dell Technologies.

Solusi ini dirancang untuk memaksimalkan kinerja komputasi di lingkungan berpendingin udara, tanpa harus mengubah kemampuan daya atau pendinginan. Ketika digabungkan dengan software Dell OpenManage Enterprise, kami memungkinkan penyedia layanan cloud memantau sistem mereka secara cerdas dan memberikan layanan komputasi yang lebih efisien,” ujarnya.

Dengan prosesor AMD EPYC 8004 Series, Ericsson melihat solusi akselerasi komputasi Cloud RAN yang berhasil mengelola pertumbuhan lalu lintas yang sangat besar dan memanfaatkan jaringan mobile dengan cara yang hemat energi dan berkinerja tinggi. Kepadatan core dan kemampuan AVX512 dari prosesor juga memungkinkan kapasitas untuk menangani profil lalu lintas situs dengan muatan berat baik itu spektrum FDD dan TDD.

Lenovo mengumumkan server andalan terbarunya yang dioptimalkan untuk edge, ThinkEdge SE455 V3 baru, yang menghadirkan server paling hemat energi untuk mengaktifkan aplikasi AI generasi berikutnya di edge, serta memberikan kinerja, penyimpanan dan kemampuan perluasan terbaik di kelasnya yang sangat penting guna mendukung beban kerja berat dan menuntut untuk AI edge.