AMD Tawarkan Prosesor Mobile dan CPU Data Center Kelas Dunia Terdepan

AMD Tawarkan Prosesor Mobile dan CPU Data Center Kelas Dunia Terdepan

AMD Tawarkan Prosesor Mobile dan CPU Data Center Kelas Dunia Terdepan

Surabaya, Kabarindo- Di era digital sekarang ini, proses bisnis yang berjalan di segala sektor mulai dari manufaktur, kesehatan, pendidikan hingga layanan publik tak asing lagi dengan Artificial Intelligence (AI) sebagai salah satu pendorong di era transformasi industri. Bahkan dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan teknologi AI telah memberikan dampak signifika, tak terkecuali di Indonesia.

Pada implementasinya, diperlukan integrasi proses bisnis dan sistem termasuk sumber daya dan teknologi, sehingga transformasi AI menjadi optimal. Proses digitalisasi juga berkaitan dengan pengembangan teknologi kecerdasan buatan/AI untuk mengoptimalisasi proses pengambilan keputusan. Inovasi teknologi AI dapat digunakan untuk mempercepat waktu beban kerja, memperluas jangkauan, bahkan penurunan biaya operasional yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis dan pengguna.

Melihat perkembangan teknologi yang semakin pesat, AI tetap menjadi teknologi yang menarik dan menjanjikan untuk diterapkan di berbagai bidang dan memberikan manfaat bagi masyarakat. Karena itu, diperlukan upaya untuk menyesuaikan diri dengan perubahan. Tak kalah penting adalah mempersiapkan perangkat teknologi pendukung AI yang andal, sehingga mampu memberikan kinerja optimal di tengah tuntutan beban komputasi yang tinggi.

Untuk mendukung seluruh kebutuhan transformasi AI dan data center di era digitalisasi, AMD mengumumkan prosesor Ryzen PRO 7040 Series Mobile yang baru dan jajaran prosesor server EPYC Generasi Keempat.

Di acara bertajuk AMD Solution & AI Day - NPI (New Product Introduction) AMD Ryzen Pro 7000 Series Processor & AMD EPYC 9004 Series Launch di Jakarta, AMD memamerkan jajaran laptop premium dan mobile workstation Windows 11 kelas komersial bertenaga prosesor x86 paling canggih dan hemat daya untuk penggunaan bisnis. Dengan arsitektur “Zen 4”, grafis terintegrasi AMD RDNA 3, teknologi AMD PRO dan Ryzen AI pada model tertentu, prosesor Ryzen PRO 7040 Series dirancang untuk memenuhi permintaan pekerja modern. Secara global, AMD juga telah mengumumkan prosesor Ryzen PRO 7000 Series untuk desktop, menghadirkan kekuatan grafis terintegrasi “Zen 4” dan AMD RDNA 2 untuk pengguna desktop profesional.

AMD menghadirkan CPU Server terbarunya secara lengkap sejalan dengan komitmen AMD untuk mendorong batasan dari apa yang mungkin dilakukan di data center, memberikan tingkat kinerja, efisiensi dan skalabilitas baru. Kehadiran rangkaian prosesor AMD EPYC Generasi Keempat dapat disesuaikan kebutuhan pengguna untuk memberikan kinerja unggul dan terdepan dalam tujuan umum, cloud native atau beban kerja komputasi teknis.

AMD baru saja mengumumkan ketersediaan prosesor EPYC 8004 Series, melengkapi jajaran prosesor AMD EPYC Generasi Keempat yang dioptimalkan untuk masing-masing beban kerja. Prosesor baru ini menghadirkan core “Zen 4c” ke dalam CPU yang dirancang khusus, memungkinkan penyedia hardware untuk menciptakan platform yang hemat energi dan terdiferensiasi yang dapat mendukung aplikasi dari sisi kecerdasan, seperti ritel, manufaktur, dan telco, hingga ke data center untuk layanan cloud, penyimpanan dan lainnya.

“AMD berkomitmen untuk terus berinovasi bagi bisnis dengan menghadirkan pengalaman komputasi yang unggul bagi pengguna laptop maupun pelanggan data center. Bagi mereka yang menginginkan mobilitas, Ryzen PRO 7040 Series mendukung laptop komersial terbaru, memanfaatkan arsitektur AMD 'Zen 4' dan RDNA 3 untuk memberikan kinerja dan daya tahan baterai yang luar biasa. AMD juga menawarkan mesin AI Ryzen khusus untuk mempercepat beban kerja AI bersama dengan teknologi AMD PRO untuk meningkatkan keamanan dan kemudahan pengelolaan,” kata Alexey Navolokin, Director of Commercial Sales, AMD, Asia Pacific Region, pada Kamis (21/9/2023).

Ia menambahkan, di data center, EPYC Generasi Keempat terbaru dari AMD menawarkan rangkaian produk yang sesuai dengan kebutuhan beban kerja pelanggan yang berbeda-beda. Kepadatan core yang tinggi memungkinkan AMD EPYC Generasi Keempat untuk memberikan kinerja terdepan di industri, berkat arsitektur Zen terbaru dan teknologi proses terdepan, AMD EPYC juga menawarkan efisiensi energi yang sangat baik, sehingga menghasilkan solusi TCO yang menarik bagi pelanggan.

Dibangun dengan teknologi 4nm terdepan di industri dan menampilkan hingga 8 core “Zen 4” dan grafis terintegrasi RDNA 3, prosesor AMD Ryzen PRO 7040 Series memungkinkan tingkat kinerja dan efisiensi yang sangat baik untuk aplikasi bisnis. Dengan penawaran prosesor Ryzen 7 PRO 7840U, peningkatan kinerja rata-rata 17% dibanding kompetitor x86. Prosesor AMD Ryzen 7 PRO 7840U menawarkan kinerja CPU hingga 18% lebih tinggi dan ketahanan daya baterai hingga 15% lebih baik saat konferensi video, dibandingkan dengan prosesor Apple M2 Pro.

Prosesor AMD Ryzen PRO 7040 Series tertentu menampilkan Ryzen AI, mesin AI terintegrasi pertama di dunia pada prosesor x86. Mesin AI ini merevolusi laptop bisnis dengan mengaktifkan pengalaman AI premium. Juga menawarkan pengalaman kolaborasi yang imersif pada platform seperti Microsoft Teams dan aplikasi konferensi video terkemuka lainnya. Ke depannya, ini diharapkan membawa beragam keuntungan unik dalam kolaborasi generasi berikutnya, kreasi, produktivitas, UI prediktif dan fitur keamanan bertenaga AI.