Debat Pertama, Survei Utting Research Australia: Suara Anies Naik Signifikan

Debat Pertama, Survei Utting Research Australia: Suara Anies Naik Signifikan

KABARINDO, JAKARTA - Lembaga survei dari Australia, Utting Research, merilis hasil survei terbarunya tentang tingkat keterpilihan atau elektabilitas tiga pasangan capres-cawapres yang berkontestasi dalam Pilpres 2024 di Indonesia, Kamis (4/1/2024).

Utting Research berpengalaman menangani riset pemilu dan kampanye di Australia, Selandia Baru, Asia Pasifik, Amerika hingga Uni Eropa.
Dalam rilis resmi yang ditulis berbahasa Inggris dan Indonesia itu, Utting Research menyoroti lonjakan dukungan pemilih yang mencolok (a notable surge) untuk capres 01 Anies Baswedan usai debat pertama. 

“Presidential candidate Anies Baswedan experiences significant rise in voter support following presidential debate (kandidat presiden Anies Baswedan alami lonjakan signifikan dukungan pemilih usai debat presiden),” tulis judul rilis berbahasa Inggris lembaga survei dari Negeri Kanguru itu.

“Pascadebat pilpres pertama, Utting Research mencatat kenaikan mencolok jumlah pemilih dari calon presiden Anies Baswedan sebesar 6 persen," terang Managing Director Utting Research, John Utting.

Menurut John Utting, Anies kini menjadi penantang (contender) kuat dalam kontestasi pilpres 2024. "Berdasarkan survei politik nasional pascadebat dengan 1.200 responden yang dilakukan langsung setelah pelaksanaan debat, dukungan terhadap (Anies) Baswedan meningkat enam persen, tambahan suara signifikan yang membuatnya menjadi kontender kuat dalam pertarungan," ucap dia.

"Hasil survei menunjukkan bahwa (Anies) Baswedan mendapatkan 28 persen suara. Kenaikan ini menjadi titik balik (turning point) dalam pilpres, menjadikan Anies sebagai penantang utama dalam pemilihan," papar John Utting.

Di saat yang bersamaan, kata dia, capres 02 Prabowo Subianto, mengalami penurunan signifikan. 

“Prabowo suaranya turun 6 persen menjadi 44%. Sedangkan Ganjar tertahan di 21 persen. Debat pertama pilpres telah menjadi peristiwa yang pivotal (titik balik penting) di dalam rangkaian pilpres, menarik perhatian hampir setengah total pemilih, yang menonton keseluruhan ataupun sebagian debat tersebut," papar John Utting.

Dia pun mengungkapkan mayoritas responden menilai Anies sebagai capres paling mengesankan performa debatnya. "Sebanyak 41 persen pemilih menganggap Anies Baswedan sebagai kandidat paling impresif (mengesankan) dalam debat, melampaui Prabowo 36 persen dan Ganjar 20 persen," ujar John Utting.

Ia pun memprediksi Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 ini akan mampu menyaingi Prabowo di hari pencoblosan 14 Februari 2024 mendatang.