Facebook Mengungkap Perusahaan Mata-mata Tentara Bayaran

Facebook Mengungkap Perusahaan Mata-mata Tentara Bayaran

KABARINDO, WASHINGTON - Dalam laporan yang diterbitkan Kamis (16/12), Facebook Meta Platforms Inc. memanggil setengah lusin perusahaan pengawasan swasta atas dugaan peretasan atau pelanggaran lainnya, serta menuduh mereka secara kolektif menargetkan sekitar 50.000 orang di lebih dari 100 negara, di seluruh platformnya.

Pertarungan perusahaan media sosial dengan perusahaan mata-mata ini terjadi di tengah langkah lebih luas yang diambil oleh perusahaan teknologi Amerika, anggota parlemen AS dan pemerintahan Presiden Joe Biden dalam melawan pemasok layanan spionase digital, terutama perusahaan spyware Israel NSO Group, yang masuk daftar hitam awal bulan ini setelah terungkap bagaimana teknologinya diterapkan terhadap masyarakat sipil.

Meta sudah menggugat NSO di pengadilan AS. Nathaniel Gleicher, kepala kebijakan keamanan Meta, mengatakan kepada Reuters bahwa tindakan keras hari Kamis dimaksudkan untuk memberi sinyal bahwa "industri pengawasan untuk disewa jauh lebih luas daripada satu perusahaan."

Baca juga: Situs Kementerian Kesehatan Brasil Diretas, Data Vaksinasi...

Meta telah menangguhkan sekitar 1.500 akun, sebagian besar akun palsu yang dijalankan oleh tujuh organisasi di Facebook, Instagram dan WhatsApp.

Meta tidak memberikan penjelasan rinci tentang bagaimana mereka mengidentifikasi perusahaan pengawasan, tetapi mereka mengoperasikan beberapa jaringan sosial dan komunikasi terbesar di dunia dan secara teratur memuji kemampuannya untuk menemukan dan menghapus aktor jahat dari platformnya.

Baca juga: Telepon Departemen Luar Negeri AS Diretas Dengan Perangkat...

Di antara terduga pelaku kriminal itu adalah Kubus Hitam Israel (Black Cube), yang menjadi terkenal karena mengerahkan mata-matanya untuk menekan pemberitaan tokoh Hollywood yang terbukti bersalah sebagai pemerkosa, Harvey Weinstein. Meta mengatakan bahwa perusahaan intelijen itu menyebarkan persona hantu untuk mengobrol dengan targetnya secara online dan mengumpulkan email mereka, "kemungkinan untuk serangan phishing di kemudian hari."

Dalam pembelaanya, Black Cube menyatakan mereka "tidak melakukan phishing atau peretasan" dan mengatakan perusahaan secara rutin memastikan "semua aktivitas agen kami sepenuhnya sesuai dengan hukum setempat." ***(Sumber: Reuters; Foto: Globes English)