Gak Bakal Ketuker Lagi Sama Polisi, Seragam Baru Satpam Warna Krem

Gak Bakal Ketuker Lagi Sama Polisi, Seragam Baru Satpam Warna Krem

KABARINDO, JAKARTA-  Kepolisian Republik Indonesia (Polri) kembali mengubah warna identitas seragam satpam. Hal ini merujuk dari timbulnya permasalahan atas seragam sebelumnya.Seragam satpam berwarna cokelat dianggap terlalu mirip dengan anggota Polri. Kini, para satpam mulai bertugas menggunakan seragam dengan warna baru. Pergantian ini pun membuat publik terkaget. Mereka disebut mirip dengan polisi India. Penasaran seperti apa? Berikut ulasan selengkapnya.

Seragam Baru Satpam

Belum lama ini, warganet ramai memperbincangkan sebuah video yang beredar di media sosial. Video tersebut menampilkan aksi sekumpulan satpam yang bergaya dengan seragam baru.

Berjalan beriringan, penampilan mereka nampak begitu segar dan berbeda. Kala itu, mereka berbalut celana cokelat panjang, atasan berwarna krem, serta dilengkapi topi cokelat.

"Warna seragam baru satpam 2022," tulis pada keterangan video akun Instagram @berita_gosip

Polri Ubah Seragam Satpam Kembali

Hal ini pun merupakan wujud tindak lanjut dari rencana Polri pada awal tahun baru silam. Karponemas Div Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan menyampaikan, pergantian warna tersebut merupakan solusi.

Pergantian warna seragam tersebut sebelumnya telah melalui pengkajian secara lebih lanjut. Sebelumnya, seragam cokelat satpam dinilai terlalu mirip dengan seragam polri.

Akibatnya, masyarakat dianggap seringkali merasa kebingungan untuk membedakan para anggota dari masing-masing satuan.

"Argumentasinya, seragam sekarang terlalu mirip dengan seragam Polri. Sehingga menyebabkan kebingungan, dan kesulitan warga masyarakat untuk membedakan Polisi dan Satpam," terang Ahmad.

Satpam Wajib Punya Identitas

Dia menambahkan, satpam merupakan profesi baru sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas. Sehingga perlu memiliki identitas tersendiri, berbeda dengan Polri selaku pembinanya.

Seragam baru tersebut akan diperkenalkan di hari ulang tahun Satpam yakni pada tanggal 31 Januari.

"Pada HUT Satpam akan diperkenalkan warna seragam yang baru, dan akan diberlakukan setelah selesai pengkajian dan diberikan waktu setahun setelah disahkan penggunaannya," tutupnya.

Disebut Mirip Polisi India

Penampilan terbaru para satpam pun tak lepas dari sorotan publik. Seragam terbaru itu dianggap memiliki kemiripan dengan seragam polisi India yang seringkali ditampilkan di dalam film Bollywood.

"Sama kayak polisi india gak sih," tulis akun @herlina_veronica

"Kayak polisi india," tulis akun @widiputri517

"Seperti warna baju polisi india di film," tulis akun @rozadila

"Polisi india? ladusing?," tulis akun @ucupcup26_

"Nah gitu dong masa disamain ama polisi, jadi susah bedainnya," tulis akun @shantyrisma

 

Sumber: Merdeka.com

Foto:Instagram@dramakrlcommuterline