Hacker 19 Tahun Bisa Bobol Sistem Keamanan Mobil Tesla

Hacker 19 Tahun Bisa Bobol Sistem Keamanan Mobil Tesla

KABARINDO, JAKARTA- David Colombo  remaja asal Jerman berhasil meretas sistem keamanan mobil Tesla. Peretasan mobil listrik Tesla baru sebatas untuk mengoperasikan pintu, lampu, sampai menyetel lagu, dan melacak lokasi. Dikutip dari CNN, dia bisa menerobos masuk ke sistem mobil Tesla dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga.
Aplikasi yang menjadi pintu untuk masuk ke dalam sistem mobil Tesla adalah TeslaMate. Ini merupakan aplikasi yang digunakan para pemilik Tesla untuk melakukan analisa data terhadap mobil mereka.

Melalui TeslaMate inilah Colombo sukses meretas mobil Tesla. Dikutip dari CNBC, dia malah sukses meretas 25 mobil listrik Tesla menggunakan metode yang sama.

Meski berhasil meretas mobil Tesla, Colombo menyebut kalau hanya sebagian fitur yang bisa dia akses. Di antaranya adalah membuka kunci pintu, menyalakan lampu mobil, memutar musik pada perangkat hiburan, dan melacak lokasi mobil.
Colombo juga mengonfirmasi dirinya gagal serta tak memiliki akses untuk mengendalikan kemudi, setir, atau gas dan rem mobil.
"Bayangkan musik disetel dengan suara besar, dan setiap kali Anda justru ingin mematikannya justru itu hidup kembali. Bayangkan jika Anda mengunci mobil, tapi kemudian terbuka lagi kuncinya," sahut Colombo yang baru berusia 19 tahun.
Untungnya Colombo tidak berniat jahat. Dia justru melaporkan celah tersebut ke Tesla dan pada aplikasi pihak ketiga. Dikutip dari CNBC, Colombo merupakan pemimpin sebuah kelompok keamanan siber.

Tesla sempat menjanjikan hadiah uang buat siapa saja yang bisa membobol sistem keamanan siber mobil mereka. Colombo mengaku tidak mendapat uang dari Tesla, lantaran celah kebocoran tersebut datangnya dari aplikasi pihak ketiga.
Peretasan pada mobil sudah berulang kali terjadi. Para pakar dan ahli keamanan siber telah mengingatkan pabrikan untuk tidak memandang sepele perihal ini. Beberapa aplikasi dari pihak ketiga memang memiliki akses untuk membaca data dan informasi yang tersimpan di dalam mobil.

 

Sumber: detik.com

Foto:: Outbrake.id