Joan Barreda Bort Jadi yang Tercepat di Etape Keempat Reli Dakar

Joan Barreda Bort Jadi yang Tercepat di Etape Keempat Reli Dakar

KABARINDO, RIYADH - Pebalap Spanyol Joan Barreda Bort meraih kemenangan etape keduanya di Reli Dakar tahun ini setelah mencatatkan waktu tercepat pada etape 4 di Riyadh, Arab Saudi, Rabu.

Melintasi finis setelah menyelesaikan special stage dari Al-Qaisumah ke Riyadh sejauh 465km, Barreda mendapati dirinya unggul empat menit 37 detik dari rekan satu timnya di Honda, Pablo Quintanilla yang finis runner-up hari ini sedangkan mantan pebalap MotoGP Danilo Petruci meraih podium perdananya di ajang reli ketahanan tertangguh di dunia itu setelah finis enam menit 53 detik berselang, demikian catatan laman resmi Dakar.

Pebalap tim GasGas Sam Sunderland finis P7 setelah kehilangan waktu hingga 10 menit 15 detik namun masih bertahan sebagai pemuncak klasemen umum sementara.

Matthias Walkner dari tim KTM naik ke peringkat dua setelah hari ini finis P8 dan menjaga jaraknya tepat tiga menit di belakang Sunderland di klasemen, menggeser Adrien Van Beveren dari tim Yamaha ke peringkat tiga.

Dengan kemenangan itu Barreda kini menempatkan dirinya di peringkat tujuh klasemen dengan selisih 13 menit 12 detik dari puncak, sedangkan juara bertahan Kevin Benavides dari tim KTM tertahan di peringkat sepuluh dengan margin 25 menit 12 detik setelah empat etape.

"Ini etape yang melelahkan dengan segala macam medan," kata Barreda.

"Saya start jauh dari belakang dan merasa baik, jadi saya menekan keras sepanjang hari. Semuanya baik-baik saja, saya justru menderita tendinitis di lengan saya karena menabrak batuan pada hari pertama.

"Sedikit bengkak, tapi saya harus mengatasinya untuk terus menyerang. Tentunya saya masih berburu tempat teratas, tapi saya harus menyikapinya setahap demi setahap."

Etape 5 pada Rabu akan menempuh rute melingkar di Riyadh dengan spesial stage sepanjang 346km.

Sumber: Antara
Foto: Motorcycle Sports