Ledakan Bom di Markas Partai, Targetnya Ketua Parlemen Irak

 Ledakan Bom di Markas Partai, Targetnya  Ketua Parlemen Irak

KABARINDO, JAKARTA- Ledakan bom terjadi di markas Partai Kemajuan, Provinsi Anbar barat, Irak. Targetnya Ketua Parlemen Irak, Mohamed al-Halbousi. Sumber keamanan yang tak mau disebutkan namanya, pada Sabtu (19/2/2022) mengatakan, serangan terhadap partai ini terjadi Jumat (18/2/2022) malam. Sementara penyerangnya orang tak dikenal

Beruntung tidak ada korban yang dilaporkan. Meski demikian, serangan itu telah menyebabkan kerusakan material. Investigasi telah diluncurkan untuk mengidentifikasi para penyerang. Saat ini, belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas serangan itu.
Serangan itu terjadi beberapa jam setelah al-Halbousi memperingatkan pihak-pihak yang berupaya 'merusak prestise negara dengan menghancurkan pilar-pilarnya dan mengancam komponen rakyat'. Serangan serupa menargetkan markas Partai Kemajuan dan Partai Demokrat Kurdistan beberapa minggu lalu di Baghdad, Anbar dan Kirkuk. Kedua partai tersebut merupakan sekutu utama ulama Syiah, Muqtada al-Sadr, yang berusaha membentuk pemerintahan mayoritas nasional yang mencakup Syiah, Sunni, dan Kurdi. Pasukan Syiah dalam "kerangka koordinasi" menolak rencana al-Sadr dan menuntut pemerintah konsensual sebagai gantinya. Irak tidak dapat membentuk pemerintahan baru sejak pemilihan parlemen 10 Oktober di tengah perbedaan antara partai politik yang berbeda.

 

Sumber" iNews.id

Foto: Reuters