Pemanfaatan Kecerdasan Artifisial Dorong Produktivitas Bisnis, Siapkan Indonesia Masuk Era Smart Society

Pemanfaatan Kecerdasan Artifisial Dorong Produktivitas Bisnis, Siapkan Indonesia Masuk Era Smart Society

KABARINDO, JAKARTA - Kecerdasan artifisial (Artificial Intelligence/AI) telah menjadi pusat perhatian di berbagai sektor, termasuk bisnis. Di Indonesia, pemanfaatan AI memiliki potensi besar untuk meningkatkan produktivitas bisnis, serta mempersiapkan Indonesia masuk ke era smart society.

Terlebih dengan visi Indonesia menjadi salah satu negara dengan ekonomi terbesar di dunia, menjadikan pemanfaatan teknologi termasuk kecerdasan buatan semakin strategis dibutuhkan melihat potensinya yang dapat mendorong bisnis yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi nasional.

 

Kemampuan AI dalam meningkatkan produktivitas diterapkan melalui berbagai proses seperti algoritma, komputerisasi, dan proses otomatisasi robotik. WIR Group sebagai perusahaan teknologi AR-VR yang juga menyediakan berbagai solusi teknologi AI melihat bagaimana kerjasama yang dijalankan bersama mitra bisnisnya telah mendapatkan hasil pada peningkatan produktivitas bisnis yang berasal dari pemanfaatan solusi teknologi AI.

Gupta Sitorus, Chief of Marketing and Sales WIR Group, mengatakan “Dengan maraknya berbagai sektor yang mulai memanfaatkan AI, sektor bisnis sepatutnya beradaptasi untuk terus berinovasi dan berkembang. Terlebih, integrasi AI dalam bisnis juga dapat menguntungkan para konsumen dan masyarakat secara luas dengan memberikan pengalaman pelanggan yang lebih memuaskan. Dengan menggunakan berbagai teknik AI yang relevan, bisnis dapat menghadapi tantangan dengan lebih cakap dan memanfaatkan peluang yang ada di pasar yang kian semakin kompetitif.

 

Dengan menggunakan AI secara cerdas, bisnis dapat meningkatkan produktivitas pada operasional, mengoptimalkan proses bisnis, dan memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pelanggan. Penting bagi setiap perusahaan untuk mengintegrasikan AI ke dalam strategi mereka jika mereka ingin tetap kompetitif di pasar yang terus berubah ini. Hal ini juga diterapkan WIR Group sebagai penyedia solusi teknologi bagi bisnis sebagai mitranya yang menghadirkan solusi berbasis AR, VR dan juga AI untuk memenuhi kebutuhan bisnis melalui Software-as-a-Service (SaaS).

 

SaaS yang berbasis AI ini berperan sebagai ekosistem bisnis yang solid dan platform terpercaya sehingga mampu memicu hadirnya berbagai inovasi dan kreativitas pada beragam sektor ekonomi. Berbasiskan AI dan Machine Learning, solusi - solusi yang ditawarkan WIR Group diharapkan mampu menjawab tantangan dan tuntutan sektor bisnis di era teknologi termutakhir yang kian kompetitif.

 

Berbagai kemungkinan solusi yang ditawarkan untuk peningkatan produktivitas bisnis diantaranya berupa hyper-personalization yang memberikan pengalaman interaksi penjual dan pembeli menjadi lebih personal berdasarkan kebutuhan pembeli, automation yaitu meningkatkan proses operasional dengan menyediakan tugas manual yang dibutuhkan seperti chatbot otomatis untuk menjawab pertanyaan pembeli, user’s intentions yaitu menyediakan informasi yang dapat sesuai dengan kebutuhan pembeli, dan smart-fraud detection system yang mampu menganalisa sistem keamanan penjualan secara real-time. Selain SaaS, WIR Group juga memiliki teknologi termutakhir yang ditawarkan melalui mesin pintar yang dilengkapi dengan face recognition dan AI (AI-Powered Face Recognition). Fitur ini memungkinkan para pemilik bisnis untuk meningkatkan jumlah penjualan serta meningkatkan pengalaman konsumen dalam berbelanja.

 

“Dengan mengetahui kebermanfaatan AI, kita dapat melihat betapa peran AI dapat menjadi vital dalam sebuah bisnis. Kemampuan AI dalam memberikan analisis data yang cerdas, peningkatan layanan pelanggan, pengembangan produk dan inovasi, dan lain-lain dapat memaksimalkan proses berjalannya kegiatan ekonomi dari mulai produksi, distribusi, dan konsumsi. Dengan demikian, fungsi AI dapat memberikan optimasi tidak hanya dari sisi bisnis, namun juga dari sisi pelanggan. AI tentunya dapat mendukung peningkatan pemasukan bagi para pemilik bisnis, namun juga AI dapat memberikan pengalaman yang menarik bagi konsumen untuk berbelanja,” tambah Gupta.

 

Lebih lanjut, WIR Group juga berupaya membangun platform bisnis dengan AI sesuai dengan kebutuhan mitra bisnis dengan mengimplementasikan pengalaman digital berbasis human-centric sebagai fondasi dari usability servis kepada pengguna yang masif. Dalam memberikan solusi, WIR Group berupaya untuk membantu mitra bisnis dalam beradaptasi pada perilaku konsumen dan alur bisnis di era digital yang kompetitif. Dalam hal ini, teknologi AI dapat membantu pemilik bisnis untuk menawarkan produk ke konsumen berdasarkan data referensi yang diolah oleh AI. “Kami melihat AI memiliki segudang potensi untuk solusi, termasuk bisnis. Nantinya, AI akan memberikan manfaat yang signifikan di masa depan terutama untuk Indonesia menuju era smart society,” tutup Gupta.