Penuhi Kebutuhan Penonton, Kemenparekraf Petakan Ketersediaan Kamar Hotel di Sekitar Sirkuit Mandalika

Penuhi Kebutuhan Penonton, Kemenparekraf Petakan Ketersediaan Kamar Hotel di Sekitar Sirkuit Mandalika

KABARINDO, LOMBOK - Sandiaga Uno menyebut pihak Kemenparekraf tengah memetakan ketersediaan kamar hotel atau penginapan di sekitar Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Hal ini dilakukan untuk mengakomodasi kebutuhan penonton yang bakal datang saat menyaksikan MotoGP Indonesia 2022 yang akan digelar 20 Maret mendatang.

Dari pendataan awal, Sandiaga Uno menyebut ada puluhan ribu kamar yang bisa ditinggali para pelancong di sekitar kawasan Sirkuit Mandalika tetapi masih harus dipetakan.

"Ada 24-30 ribu kamar yang tersedia. Sekarang kami sedang mapping dan identifikasi karena tingkat keterisiannya masih 50 persen," kataya dikutip dari Antara pada Kamis (10/2/2022).

Baca Juga: Mengenal Beberapa Istilah Khas dalam Tes Pramusim MotoGP

"Masih banyak kamar yang tersedia. Kami akan integrasikan dan di-onboarding secara online sehingga bisa dipantau melalui online travel agent yang akan kami kerjasamakan."

Kemenpora juga menyiapkan sejumlah tempat menginap alternatif selain hotel,  seperti homestay, sarana hunian pariwisata, maupun glamping.

"Glamping akan ada di beberapa lokasi, baik di Mandalika maupun desa wisata, yang akan menawarkan sensasi tersendiri bagi wisatawan," katanya.

"Selain datang untuk menonton MotoGP, mereka juga bisa melihat keindahan alam dan budaya dari Lombok," Menparekraf menjelaskan.

Sementara itu, Sirkuit Mandalika sudah bakal digunakan pada akhir pekan ini (11-13 Februari 2022) untuk tes pramusim MotoGP 2022.

Selain berguna untuk menguji kesiapan teknis tim dan pembalap, tes pramusim ini juga menjadi momen untuk mengetes kesiapan pihak penyelenggara dari segi teknis di lintasan balap maupun fasilitas pendukung di sekitar Sirkuit Mandalika.

Sumber Berita: Antara
Foto: Antara