Piala Asia 2023 Qatar: Timnas Thailnad Raih Poin Penuh, Tundukan Kirgistan 2-0

Piala Asia 2023 Qatar: Timnas Thailnad Raih Poin Penuh, Tundukan Kirgistan 2-0

KABARINDO, DOHA - Laga antara Tim Nasonal (Timnas) Thailand vs Timnas Kirgistan di Piala Asia 2023 yang berlangsung  di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Selasa (16/1/2024) malam WIB, itu berakhir dengan skor 2-0 untuk The Elephant War.

Kedua gol Timnas Thailand diborong oleh Supachai Jaided (26', 48'). Kemenangan ini membawa anak asuh Masatada Ishii untuk sementara duduk di puncak klasemen Grup F Piala Asia 2023 dengan tiga angka.

Kirgistan langsung mendapatkan peluang emas di menit ke-9 lewat sontekan Kai Merk yang masih melenceng tipis. Sementara Thailand harus mengalami nasib sial di menit ke-14 karena gol Supachai Chaided dianulir karena sudah dalam posisi offside.

Skuad Gajah Perang mendapat peluang emas di menit ke-21 lewat tendangan keras Suphanat Mueanta yang membentur mistar gawang. Sampai akhirnya, Thailand sukses membuka keunggulannya atas Kirgistan lewat sontekan Supachai Jaided pada menit ke-26.

The White Falcons yang tertinggal satu gol mencoba untuk mencetak gol penyama kedudukan. Namun serangan yang mereka lancarkan masih terlalu polos. Hingga laga memasuki menit ke-35 belum ada gol tambahan yang tercipta.

Memasuki menit-menit akhir, Kirgistan terlihat masih cukup kesulitan untuk menembus solidnya pertahanan skuad Gajah Perang. Pada akhirnya, Thailand untuk sementata unggul dengan skor 1-0.

Thailand yang langsung tancap berhasil menggandakan keunggulannya di menit ke-48 lewat gol yang kembali dicetak Supachai Jaided. Sementara Kirgistan mendapatkan peluang emas untuk memperkecil kedudukan lewat sontekan Joel Kojo di menit ke-51.

Supachai Jaided nyaris saja mencetak hattrick di menit ke-62. Sementara itu, The White Falcons masih belum bisa membobol gawang Thailand. Tim yang dinahkodai Stefano Tarkovic itu terlihat masih kesulitan melancarkan serangan yang efektif.

Hingga pertandingan memasuki menit ke-80 belum ada gol tambahan yang tercipta. Thailand yang sudah unggul 2-0 bermain sedikit bertahan karena Kirgistan kerap melancarkan serangan yang cepat.

Meski demikian, serangan-serangan yang dilancarkan Kirgistan tidak membuahkan gol sampai peluit tanda berakhirnya laga dibunyikan. Thailand berhasil menutup pertandingan dengan kemenangan 2-0.

SUSUNAN PEMAIN

TIMNAS THAILAND XI (4-2-3-1): Patiwat Khammai; Nicholas Mickelson, Elias Dolah, Pansa Hemviboon, Theerathon Bunmathan; Peeradon Chamratsamee (Sarach Yooyen 46'), Weerathep Pomphan; Suphanat Mueanta (Jaroensak Wonggorn 69'), Supachok Sarachart (Worachit Kanitsribampen 89'), Bordin Phala (Pathompol Charoenrattanapirom 69'); Supachai Jaided (Teerasak Poeiphimai 78')

Pelatih: Masatada Ishii

TIMNAS KIRGISTAN XI (4-4-2): Erzhan Tokotayev; Kayrat Zhyrgalbek, Tamirlan Kozubaev, Ayzar Akmatov (Suyuntbek Mamyraliev 75'), Bekzhan Sagynbayev; Kai Merk (Khristiyan Brauzman 54'), Odiljon Abdurakhmanov, Bakhtiyar Duyshobekov (Farhat Musabekov 46'), Gulzhigit Alykulov (Beknaz Almazbekov 69'); Joel Kojo (Ernist Batyrkanov 69'), Kimi Merk

Pelatih: Stefan Tarkovic

Foto: Reuters