ROG Zephyrus G14, AI Gaming Laptop 14-inci Paling Tipis, Ringan & Powerful di Dunia

ROG Zephyrus G14, AI Gaming Laptop 14-inci Paling Tipis, Ringan & Powerful di Dunia

ROG Zephyrus G14, AI Gaming Laptop 14-inci Paling Tipis, Ringan & Powerful di Dunia

Surabaya, Kabarindo- ASUS Republic of Gamers (ROG) memperkenalkan ROG Zephyrus G14 (GA403), seri terbaru dari jajaran ROG Zephyrus G14 yang telah menjadi laptop gaming 14-inci paling populer di dunia.

ROG Zephyrus G14 (GA403) menetapkan standar baru untuk desain sebuah laptop gaming dan tampil sebagai AI Gaming Laptop 14-inci paling tipis, ringan dan powerful di dunia.

“Pertama kali hadir pada 2020, ROG Zephyrus G14 berhasil menggemparkan dunia berkat desainnya yang revolusioner. Hal ini kembali terjadi di seri terbaru ROG Zephyrus G14,” ujar Jimmy Lin, ASUS Southeast Asia Regional Director, pada Senin (1/4/2024).

ROG Zephyrus G14 (GA403) merupakan AI gaming laptop 14-inci paling ringan dan tipis di dunia dengan bobot hanya 1,5 kg dan ketebalan 1,59 cm. AI gaming laptop ini ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 8040 Series yang dibekali NPU Ryzen AI untuk membantu mengakselerasi pemrosesan AI secara optimal. Prosesor ini membuat ROG Zephyrus G14 (GA403) menjadi AI gaming laptop.

ROG Zephyrus G14 (GA403) juga merupakan AI gaming laptop pertama di dunia yang menggunakan layar ROG Nebula Display dengan panel OLED. Panel layar yang digunakan di ROG Zephyrus G14 (GA403) dibekali teknologi variable refresh rate (VRR) melalui NVIDIA G-SYNC, sehingga memastikan pengalaman gaming terbaik tanpa tearing atau stuttering. Ini pertama kalinya laptop gaming memiliki layar OLED berteknologi VRR.

Ultra thin and light

ROG Zephyrus G14 (GA403) memiliki desain yang diperbarui dan semakin modern. Kedua laptop gaming ini menggunakan CNC-machined chassis yang lebih ringan dan kokoh dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Penggunaan chassis tersebut juga memungkinkan ROG Zephyrus G14 (GA403) lebih tipis dan ringan. ROG Zephyrus G14 (GA403) yang mengusung layar 14-inci memiliki bobot hanya 1,5 kg dan ketebalan 1,59 cm, sehingga menjadi laptop gaming paling tipis dan ringan di kelasnya.

Penggunaan CNC-machine chassis juga memungkinkan ROG Zephyrus G14 (GA403) memiliki ruang ekstra untuk keyboard serta sistem audio yang lebih baik. ROG Zephyrus G14 (GA403) hadir dengan desain edge-to-edge keyboard yang memiliki ukuran tombol lebih besar serta jarak antar tombol lebih rapat, sehingga dapat meningkatkan kenyamanan penggunanya. Keyboard tersebut ditemani oleh touchpad yang ukurannya lebih besar dari generasi sebelumnya, sehingga memungkinkan navigasi dan kontrol yang lebih baik.

Berbicara mengenai sistem audio, ROG Zephyrus G14 (GA403) merupakan laptop gaming yang telah didukung oleh teknologi audio dari Dolby Atmos. Juga dibekali speaker yang ukurannya 25% lebih besar dari generasi sebelumnya, sehingga dapat menghasilkan suara 40% lebih kencang. Speaker tersebut merupakan yang terbaik yang bisa ditemukan di laptop gaming thin and light seperti ROG Zephyrus G14 (GA403).

ROG Zephyrus G14 (GA403) juga kini tampil lebih modern dengan hadirnya fitur Slash Lighting, lampu LED indikator eksklusif yang berada di balik layar laptop gaming ini. Slash Lighting dapat dikustomasi untuk menampilkan pola tertentu lewat aplikasi Armoury Crate di ROG Zephyrus G14 (GA403). Slash Lighting membuat AI gaming laptop ini tampil unik sekaligus lebih modern.

Powered by AI

ROG Zephyrus G14 (GA403) merupakan salah satu laptop gaming pertama di Indonesia yang ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 8040 Series yang dibekali oleh Ryzen AI, fitur yang mengombinasikan CPU, GPU dan NPU untuk mengakselerasi performa pemrosesan AI. Prosesor tersebut adalah komponen yang membuat ROG Zephyrus G14 (GA403) dikategorikan sebagai AI gaming laptop. Berkat prosesor AMD Ryzen 8040 Series, ROG Zephyrus G14 (GA403) memiliki performa yang lebih superior dibandingkan pendahulunya, optimal serta efisien dalam hal pemrosesan AI.

Prosesor AMD Ryzen 8040 Series yang menjadi komponen inti ROG Zephyrus G14 (GA403) merupakan seri prosesor terbaru yang dibangun menggunakan arsitektur ZEN 4 untuk CPU-nya dan RDNA 3 untuk GPU terintegrasinya. Yang paling membedakan prosesor ini dengan seri sebelumnya adalah terdapat NPU berbasis XDNA yang mampu menghadirkan performa pemrosesan AI hingga 40% lebih tinggi. Tanpa NPU tersebut, ROG Zephyrus G14 (GA403) tidak bisa dikategorikan sebagai AI gaming laptop.

Meski mengusung desain yang sangat tipis dan ringan, ROG Zephyrus G14 (GA403) tetap merupakan sebuah mesin gaming yang powerful. Untuk itulah ROG Zephyrus G14 (GA403) dibekali GPU hingga NVIDIA GeForce RTX 4060 yang dapat dimanfaatkan untuk memproses grafis di dalam game, juga mengakselerasi pemrosesan encoding dan rendering pada aplikasi kreatif, hingga mendukung untuk eksperimentasi AI.

ROG Zephyrus G14 (GA403) dijamin selalu menghadirkan performa yang konsisten berkat sistem pendingin ROG Intelligent Cooling yang ditenagai tri-fan technology serta liquid metal sebagai thermal compound pada CPU dan GPU-nya. Sistem pendingin tersebut membuat ROG Zephyrus G14 (GA403) dapat selalu beroperasi dengan optimal di berbagai aktivitas, bahkan dengan suara kipas yang lebih senyap dibandingkan laptop gaming pada umumnya.

World’s 1st OLED gaming laptop with VRR

Salah satu keunggulan utama ROG Zephyrus G14 (GA403) ada pada layarnya yang menggunakan ROG Nebula Display. Berbeda dengan laptop ROG lainnya, layar ROG Zephyrus G14 (GA403) menggunakan panel OLED yang dibekali teknologi variable refresh rate (VRR) melalui NVIDIA G-SYNC. Bersama saudaranya yaitu ROG Zephyrus G16 (GU605), ROG Zephyrus G14 (GA403) merupakan AI gaming laptop pertama di dunia yang mengadopsi layar OLED dengan VRR sehingga memastikan pengalaman gaming tanpa tearing ataupun stuttering.

Penggunaan layar OLED memastikan tingkat reproduksi warna yang lebih tinggi dan akurat dengan color gamut 100% DCI-P3 serta delta-E < 1. Layar OLED di ROG Zephyrus G14 (GA403) memiliki rasio kontras yang sangat tinggi, mengantongi sejumlah sertifikasi standar industri, mendukung teknologi HDR, dan yang paling penting memiliki response time 0.2 ms yang jauh lebih cepat dibandingkan layar laptop gaming pada umumnya.

Ayo bergabung di ROG Community Indonesia

ROG Community Indonesia merupakan salah satu komunitas gaming di Indonesia dengan lebih dari 50.000 anggota yang tersebar di seluruh Indonesia. ROG Community menjadi jembatan antara gamers sekaligus pengguna dan penggemar produk ROG dengan #TeamROG. Dengan misi menghadirkan komunitas gaming yang sehat, ASUS ROG Indonesia juga akan menggelar berbagai kegiatan ROG Community di seluruh Indonesia.