Seperti Apa Alternatif Instagram Unik di Rusia, Sadgram?

 Seperti Apa Alternatif Instagram Unik di Rusia, Sadgram?

KABARINDO, MOSKOW – Dibatasinya akses warga Rusia ke berbagai media sosial, termasuk Instagram, mendorong pengembang aplikasi lokal menciptakan berbagai alternatif, yang salah satunya adalah Grustnogram alias Sadgram dalam bahasa Inggris.

Instagram mengatakan keputusan Rusia untuk membatasi akses penduduknya ke media sosial mereka sejak 14 Maret lalu telah mempengaruhi sekitar 80 juta pengguna di Rusia.

Rusia menyatakan bahwa pembatasan tersebut dilakukan karena mereka menemukan pemilik Instagram, Meta Platforms Inc., bersalah atas "kegiatan ekstremis".

Platform berbagi foto itu memang masih dapat diakses oleh mereka yang menggunakan Virtual Private Network, namun kini alternatif domestik yang menyerupai aplikasi itu mulai bermunculan.

Grustnogram atau Sadgram (lakuran dari kata Instagram dan ‘sedih’) adalah salah satu yang dinanti, yang kemungkinan akan diluncurkan di Rusia minggu ini.

Bila Instagram biasanya rama dengan kiriman foto keceriaan, alternatif hitam putih dan melankolis dari Instagram itu dengan unik justru meminta pengguna untuk membagi foto sedih diri mereka.

"Posting foto sedih diri Anda, tunjukkan ini kepada teman sedih Anda, sedih bersama," sebuah pesan di situs platform itu berbunyi.

Gambar antarmuka pengguna yang direncanakan aplikasi itu menunjukkan seorang wanita bermantel bulu berdiri di depan Katedral St Basil di Lapangan Merah Moskow. Bilah pencarian akan memberi tahu pengguna untuk mencari rekan senegaranya yang sedih.

Alih-alih tombol 'suka' Instagram berbentuk hati, Grustnogram menawarkan patah hati dan pilihan untuk 'bersedih'.

"Kami sangat sedih bahwa banyak layanan berkualitas tinggi dan populer menghentikan pekerjaan mereka di Rusia karena berbagai alasan," media hiburan dan gaya hidup Rusia, Afisha Daily, mengutip Alexander Tokarev, salah satu pendiri layanan tersebut. "Kami membuat Grustnogram untuk berduka tentang ini bersama dan saling mendukung."

Tokarev mengatakan empat orang, termasuk dua programmer lepas, berada di belakang proyek tersebut. Ia berharapk aplikasi tersebut muncul di Google Play pada akhir minggu, dan kemudian di App Store.

Selain Sadgram, juga ada Rossgram, tiruan dari Instagram dalam nama, desain, dan skema warna, akan diluncurkan minggu ini, tetapi pendirinya hanya berhasil menerbitkan video prototipe beberapa jam setelah waktu peluncuran yang dijadwalkan.

***(Sumber dan foto: Reuters)