Shopee Yakin Digitalisai UMKM Bisa Bikin Perekonomian Indonesia Diakui di Dunia

Shopee Yakin Digitalisai UMKM Bisa Bikin Perekonomian Indonesia Diakui di Dunia

KABARINDO, JAKARTA - Lokapasar daring, Shopee, meyakini bahwa digitalisasi UMKM dapat membuat perekonomian Indonesia diakui sebagai salah satu negara elit di Asia atau bahkan di dunia,

Direktur Shopee Indonesia, Christin Djuarto, punya keyakinan bahwa hal tersebut bisa membuat Indonesia masuk ke jajaran terdepan negara-negara berkembang di dunia. bahwa digitalisasi UMKM dapat menjadi membuat perekonomian Indonesia sebagai negara elit di Asia bahkan menjadi tiga negara terbaik di dunia.

“Saya, sih, bayangannya kalau 2045 itu Indonesia, berkat digitalisasi ini, udah bisa masuk ke top 3 dunia, melewati banyak negara-negara lainnya,” kata Christin dalam sesi wawancara bersama Gita Wirjawan di podcast EndGame.

Christin mengungkap bahwa sebenarnya digitalisasi sudh masuk ke pelosok Indonesia,, tetapi banyak yang belum mendapatkan literasi yang benar sehingga pemanfaatannya masih kurang maksimal.

Baca Juga: Mantan Bos F1 Prediksikan Lewis Hamilton Segera Pensiun

“Saya lihat ekonomi digital akan mengubah pasar menjadi lebih besar dengan adanya e-commerce seperti Shopee. Karena jadi akan sangat mudah untuk UMKM menjangkau ke seluruh Indonesia bahkan sampai ke seluruh dunia,” kata Christin.

Selain itu, digitalisasi UMKM juga dapat membuka lapangan kerja yang luas yang berdampak pada peningkatan perekonomian negara. 

Shopee meyakini bahwa masih banyak potensi yang belum tergali dari bisnis-bisnis, terutama UMKM.

Christin memberikan contoh pada seorang pengusaha kain asal Bandung yang bisa mempekerjakan 100 orang di tengah pandemi karena adanya digitalisasi.

Oleh karena itu, Shopee berkomitmen untuk membantu UMKM mengembangkan usahanya lewat teknologi yang dikembangkan mereka, salah satunya dengan mendirikan Kampus UMKM.

Dalam program tersebut, para pelaku UMKM bisa mendapatkan pendampingan dari hulu ke hilir.



“Salah satu tantangannya adalah keterampilan digital. Itu kenapa kami juga membuka Kampus UMKM Shopee di berbagai kota, untuk membantu mengatasi kesenjangan ini dengan lebih cepat dan efektif,” tuturnya.

Dorong Perempuan Terjun ke Digitalisasi UMKM

Christin juga mendorong pemberdayaan perempuan di dalam UMKM.

Sebab, perempuan terbukti lebih melek terhadap digitalisasi bisnis ketimbag pria

Untuk melancarkan ide tersebut, Shopee telah menginisiasi klub women at Shopee yang menjadi wadah bagi para wanita berbagi kisah agar dapat saling menginspirasi dan memotivasi. Melalui inisiatif tersebut, ia ingin membantu para perempuan Indonesia untuk terus maju dan memberikan sumbangsih terhadap perekonomian Indonesia.

“(Perempuan) harus lebih berani untuk percaya kalau niatnya kita fokus tuh kita bisa karena semua orang punya kelebihan masing-masing,” tutur Christin.

Sumber berita: Antara

Foto: Antara