Soal KLB, PSSI Resmi Kirim Surat ke FIFA

Soal KLB, PSSI Resmi Kirim Surat ke FIFA

KABARINDO, JAKARTA - Persatuam Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) mengirimkan surat kepada Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) terkait pelaksanaan Kongres Luar Biasa (KLB). Dalam surat yang dikriim kepada FIFA, PSSI mengonfirmasi KLB yang memilih Ketua Umum, Wakil Ketua Umum dan 12 anggota Exco akan dilaksanakan pada 18 Maret 2023.

“Pada 28 Oktober 2022, 12 anggota Komite Eksekutif PSSI menggelar rapat, menghasilkan keputusan untuk mempercepat KLB dengan agenda pemilihan yang semula dijadwalkan pada November 2023 melalui mekanisme kongres biasa,” tulis surat tersebut dilansir laman resmi PSSI, Senin (31/10/2022).

“Sebelum KLB, Kongres Biasa dengan agenda memilih Komite Pemilihan dan Komite Banding Pemilihan akan digelar, sebagai langkah lebih jauh yang diperlukan untuk KLB,” sambung surat tersebut.

“Kami menanti persetujuan dan rekomendasi untuk menggelar Kongres Luar Biasa yang jadwalnya akan digelar pada tanggal tertera sebagai berikut,” lanjut surat dengan nomor 4452/ULN/537/X-2022 tersebut.

Surat tersebut juga mencantumkan jadwal Kongres Biasa dan KLB. Kongres Biasa dengan agenda penentuan Komite Pemilihan dan Komite Banding Pemilihan akan digelar pada 7 Januari 2023.

Sementara itu, KLB untuk menentukan Exco, Wakil Ketua Umum dan Ketua Umum yang baru akan digelar pada 18 Maret 2023 mendatang. PSSI menanti jawaban FIFA selambat-lambatnya 7 November 2022.

Hal itu agar PSSI bisa mengomunikasikan KLB kepada klub-klub dan Asprov sebagai anggota pada 60 hari sebelum pelaksanaan kongres. Hal itu mengacu pada statuta PSSI pasal 32 ayat 2.

Pada pasal tersebut, disebutkan klub dan Asprov wajib diberitahu terkait penyelenggaraan kongres sekurang-kurangnya 60 hari sebelum kongres diselenggarakan. Menarik menanti siapa saja sosok yang maju sebagai calon Ketua Umum PSSI nantinya. Foto: PSSI