Waketum DMI Dr. H. Syafruddin Berharap 2029 Umat Islam Bisa Baca Al-Qur'an Naik Jadi 75 Persen

Waketum DMI Dr. H. Syafruddin  Berharap 2029 Umat Islam Bisa Baca Al-Qur'an Naik Jadi 75 Persen

KABARINDO, JAKARTA - Wakil ketua umum Dewan Masjid Indonesia Komjen Pol (Purn) Dr H. Syafruddin Kambo menyebut 65 persen umat islam di tanah air tidak bisa membaca al-quran, saat menghadari milad ke 1 Lembaga Pembelajaran Qiroatil Quran LPQQ Indonesia di Masjid Istiqlal, Sabtu (3/11/2023)

H. Syafruddin juga menyebut laporan survey 2019 menulis banyak kelompok muslim di pedesaan yang memiliki persentase paling banyak buta huruf quran daripada di perkotaan. Melihat banyak lembaga-lembaga al-quran lahir dalam beberapa tahun terakhir, H. Syafruddin berharap survey yang akan di lakukan oleh lembaga survey trust indonesia pada maret 2024 mendatang hasilnya berubah dari 35 persen menjadi 50 persen yang bisa membaca Al-Quran.

"Setelah selesai riset kita 2019, saya mendirikan yayasan Indonesia mengaji. jadi empat tahun yang lalu. Itu kita hanya mentrigger bukan melakukan seperti mendirikan rumah rumah Hafizh. kita mentrigger, memberikan pencerahan  dan dorongan kepada seluruh ormas Islam. seluruh pendidikan islam, madrasah, pesantrendi seluruh Indonesia. Semacam operasi massive antara lain, setiap dimana pesantren berada, 500 meter dari area pesantren masyarakat harus bisa baca Al-Quran. Waktu saya masih menteri,  saya selalu bilang kepada kepala daerah Bupati Gubernur bahwa di daerah bapak kualitas kemampuan membaca al quran kurang." ujar H. Syafruddin.

Lebih lanjut H. Syafruddin mengatakan Indonesia jangan sampai kalah dengan Chechnya wilayah otonom di rusia yang merdeka tahun 1993. Chechnya merupakan bekas wilayah jajahan berfaham komunis yakni uni soviet yang sekarang penduduknya berjumlah 5 juta, 95 persen penduduknya Hafizh Quran. Begitu pula di singapura umat islamnya hanya 1,5 juta tapi 90 persen bisa membaca Al-quran. 

"Nanti Bulan maret kita akan riset nanti hasilnya kita akan publish. Saya memperkirakan nanti kira kira sudah berubah dari 35 menjadi 50 persen. Insyallah. Saya berharap di tahun 2029 umat Islam di Indonesia 75 persen sudah bisa membaca Al-Quran " - tambah H. Syafruddin

Di kesempatan yang sama H. Syafruddin juga mengucapkan selamat atas milad pertama LPQQ. Ketua Asfa Foundation berharap LPQQ dapat menjadilembaga besar yang membangun kualitas umat islam Indonesia. H Syafruddin juga sempat meminta para hadirin sejenak menundukkan kepala mengirim doa untuk para syuhada dan warga palestina yang menjadi korban di Gaza. Foto: Ist